Beranda
Android
Aplikasi
15 Rekomendasi Download Aplikasi Google Yang Bermanfaat
Aan Trias Aan Trias
Desember 08, 2022

15 Rekomendasi Download Aplikasi Google Yang Bermanfaat

Gambar Tablet dan Smartphone
Gambar Tablet dan Smartphone

Selowtekno.com - Google adalah salah satu perusahaan multinasional terbesar di dunia yang berada di Amerika Serikat khususnya pada jasa dan produk internet. Google lebih dikenal dengan mesin pencarian yang paling populer di penjuru dunia. Maka dari itu banyak menggunakan Google sebagai jalan pintas untuk mencari berbagai informasi hingga hiburan lainnya.

Tidak hanya itu Google juga menyediakan berbagai aplikasi untuk memuaskan pelanggannya. Tidak asing lagi setiap smartphone ataupun PC menggunakan aplikasi dari Google, karena aplikasi Google sudah mendunia dengan kualitasnya.

Kadang mengira di smartphone aplikasi dari Google sudah terinstal dan kita tidak tahu kalau aplikasi tersebut ada manfaatnya. Dikiranya hanya memenuhi memori dari smartphone dan kita tidak bisa menggunakannya padahal mudah sekali untuk menjalankannya. Maka dari itu selowtekno mengenalkan aplikasi Google yang sering kita jumpai agar lebih berguna untuk membantu keseharian Anda. Rekomendasi sekali agar download aplikasi google diantaranya sebagai berikut:


Download Aplikasi Google Yang Bermanfaat

1. Aplikasi Google GO

Gambar Google Go
Gambar Google Go

Google Go adalah aplikasi terbaru dari Google untuk mencari, menikmati, dan berbagi konten terbaik di internet dengan lebih mudah, ringan dan cepat.

Anda dapat menemukan berbagai hal dan yang sedang lagi tren kapan saja.

Akses semua hal dengan sekali klik saja pada aplikasi ini, walaupun hal semenarik mungkin dapat dengan mudah diaksesnya.

Lebih mudah dengan sedikit ketik, lebih cepat hanya dengan perintah suara.

Menemukan gambar yang sempurna sekaligus yang dapat memberi ucapan kepada orang kita sayangi

Mengunduh dengan ukuran kecil + 7 MB, dengan sangat cepat dan dapat diandalkan walaupun dalam koneksi lambat dengan smartphone RAM 1 GB atau kurang. Dengan begitu Google GO dapat membantu dan meringankan Anda apapun itu yang Anda cari di internet Google Go selalu siap membantu.


2. Aplikasi Asisten Google

Gambar Asisten Google
Gambar Asisten Google

Asisten Google akan selalu siap membantu kapan pun dan di mana pun Anda membutuhkannya. Kelola jadwal Anda entah itu meeting, jadwal sekolah dan jadwal lainnya.Dapatkan bantuan dengan pekerjaan sehari-hari, mengontrol perangkat Anda yang dirumah, pastinya dapat menikmati hiburan, dan dan banyak lagi lainnya.

Dapatkan bantuan dengan suara ala Asisten Google

Cukup awali dengan: "Hai Google" atau “Ok Google”

Diantaranya dapat melakukan beberapa hal yakni:

- Putar musik dan video dengan suara Anda

- Berkomunikasi lewat telepon, SMS, dan email dengan suara Anda

- Dapatkan petunjuk arah dan info setempat dengan cepat

- Dapatkan bantuan dalam keseharian Anda

- Telusuri internet dan dapatkan informasi dengan cepat


3. Aplikasi Google Drive

Gambar Google Drive
Gambar Google Drive

Google Drive adalah tempat penyimpanan yang dapat mengakses semua file Anda di perangkat mana pun dan untuk tempat mencadangkan yang aman. Orang lain dapat mengakses file Anda dengan cara mengundangnya diantaranya dapat melihat, mengedit, atau memberi komentar untuk file atau folder yang Anda miliki dengan mudah.

Dengan Google Drive, Anda dapat keuntungan yakni:

- Menyimpan file Anda dengan dapat diakses dimana saja kapan pun itu dengan aman

- Mudah mengakses file terbaru Anda dengan cepat

- Mencari dengan sesuai nama dan konten Anda simpan

- Membagikan data file atau folder sesuai izin yang Anda tetapkan

- Melihat data diakses secara offline dengan kapan saja dan dimana pun Anda berada.

- Mendapatkan notifikasi penting tentang aktivitas data Anda 

- Memindai dokumen yang di kertas dengan kamera perangkat Anda dengan mudah


4. Aplikasi Google Dokumen

Gambar Google Dokumen
Gambar Google Dokumen

Google Dokumen adalah aplikasi yang dibuat sesuai kebutuhan Anda dalam mengedit, dan berkolaborasi tulisan dengan orang lain. Dengan aplikasi Google Dokumen dapat diakses perangkat smartphone.

Dengan Google Dokumen, Anda mendapati keuntungan:

- Membuat lembar dokumen baru dapat juga mengedit data file yang sudah ada

- Membagi dokumen antar rekan atau teman dan dapat juga berkolaborasi dengan waktu bersamaan.

- Melakukan pekerjaan di mana saja dan kapan saja, hingga offline saja bisa.

- Menambahkan dan menanggapi komentar

- Dokumen yang Anda kerjakan tidak akan hilang, jangan khawatir sudah tersimpan otomatis ketika mengetik

- Melalui fitur “Pelajari” dapat melakukan riset dalam dokumen

- Dokumen word dapat di buka, edit, dan di simpan

Baca juga: 5 Aplikasi Pembuka Office Word, Exel, Power Point Terbaik untuk Android


5. Aplikasi Google Chrome

Gambar Google Chrome
Gambar Google Chrome

Browser yang dapat diandalkan adalah Google Chrome, cepat dalam mengaksesnya, mudah digunakan dan dapat dipahami, dan yang pastinya aman. Google Chrome juga dirancang khusus untuk Android, dengan berbagai berita artikel news, memeberikan fitur link cepat ke favorit dan menu hasil download. 

Dapat menikmati beberapa fitur Google Chrome, diantaranya:

- Cepat dan hemat kuota

- Konten favorit dapat diakses semuanya dengan satu klik.  

- Secara offline dapat melihat halaman yang sudah diunduh. 

- Google Safe Browsing adalah fitur yang dapat melindungi smartphone.  

- Mode handsfree.  

- Menerjemahkan teks di halaman yang diakses.

- Memberikan saran dari selama history Anda yang dipersonalisasi dengan baik.

- Privasi dapat terjaga dengan aman dengan menggunakan mode rahasia. 

- Menyinkronkan semua kegiatan Anda di Chrome dengan login.


6. Aplikasi Google Classroom

Gambar Google Classroom
Gambar Google Classroom

Google Classroom adalah suatu kelas dengan layanan gratis yang dapat digunakan semua orang yang memiliki akun Google pribadi. Google Classroom dapat memudahkan dalam komunikasi belajar agar tetap berjalan dan tehubung di luar kelas. Dengan menghemat waktu, tempat (kelas) dan alat tulis seperti buku, kertas, bolpoin dan lain sebagainya. Google Classroom dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan seperti halnya sekolah yang memiliki sistem pendidikan jarak jauh. Sama persis ketika di sekolah dapat memberikan tugas, ada kelas, menjadikan semua lebih mudah dalam pengelolaannya.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa


7. Aplikasi Google Translate

Gambar Google Translate
Gambar Google Translate

Google Translate adalah suatu mesin pencari yang dibuat khusus untuk membantu dalam kebutuhan pengguna yakni menerjemahkan bahasa asing.

Google Translate sekarang telah menggantikan kamus tebal yang tidak perlu ribet-ribet membawa buku berat dan mudah mencarinya. Dengan begitu dapat membantu lebih mudah dalam menerjemahkan kata-kata dari berbagai bahasa manca Negara.

Sekarang perlu hanya dengan mengetik atau lebih mudahnya dengan sekali tap menggunakan suara, kini sudah dapat menerjemahkannya. Hanya perlu smartphone dalam genggaman Anda kini dapat mengakses Google Translate.


8. Aplikasi Google Meet

Gambar Google Meet
Gambar Google Meet

Google Meet adalah suatu aplikasi dengan layanan gratis untuk melakukan video telekonferensi. Menyediakan 250 orang dapat ditampung dengan kualitas video yang tinggi dalam aplikasi ini untuk melakukan video meet atau untuk sesi rapat secara virtual. 

Hanya membutuhkan smartphone atau Google meet laptop dengan versi desktop maupun PC dapat mengakses aplikasi Google meet. Bagi pengguna smartphone dapat mengunduh di playstore appstore. Aplikasi ini memberikan layanan secara cuma-cuma dengan menggunakan akun pribadi Google.

Baca juga: Aplikasi Video Converence Google Meet


9. Aplikasi Google Temukan Perangkat Saya

Gambar Google Temukan Perangkat Saya
Gambar Google Temukan Perangkat Saya

Aplikasi Google Temukan Perangkat Saya adalah suatu aplikasi pencari dimana saat smartphone Anda hilang. Google temukan perangkat saya kini desain untuk membantu menemukan perangkat Android yang hilang dan dapat mengunci smartphone hingga anda mendapatkannya kembali. 

Temukan perangkat saya Google accounts melalui akun yang tersinkron didalam perangkat smartphone Anda. Temukan Perangkat Saya adalah bagian dari Google Play Protect.


10. Aplikasi Google Play Service

Gambar Google Play Service
Gambar Google Play Service

Google Play Services adalah suatu sistem aplikasi dari Android yang akan membantu agar aplikasi Android Anda selalu terbarui. Layanan Google Play akan memastikan bahwa aplikasi yang diinstal tetap dalam versi terbaru.

Fitur utama dari Layanan Google Play termasuk otentikasi layanan Google, penyelarasan kontak, akses ke konfigurasi privasi pengguna terakhir, serta berkualitas tinggi layanan yang diberikan dengan daya rendah.

Selain itu, layanan Google Play meningkatkan kemampuan untuk menggunakan Android. Disamping itu untuk meningkatkan Android Anda tidak perlu koneksi untuk mencari banyak hal, tersedia peta komprehensif, dan saat bermain game Anda lebih mendapatkan pengalaman.

Ini juga harus dipertimbangkan bahwa beberapa aplikasi tidak dapat bekerja dengan baik jika layanan Google Play tidak diinstal pada perangkat. 


Aplikasi Hiburan Google

11. Aplikasi Google Palyer Music

Gambar Google Player Music
Gambar Google Player Music

Google Play Music adalah salah satu aplikasi musi yang disediakan secara offline dan online. Secara gratis layanan yang diberikan buat penggunanya. 

Anda dapat menikmati langsung stasium radio berdasarkan lagu, artis, album, atau browsing berdasarkan genre suasana hati, entah saat aktivitas lainnya. Aplikasi ini dapat dinikmati pengguna smartphone Android dan iOS.


12. Aplikasi Google Camera

Gambar Google Camera
Gambar Google Camera

Google Camera adalah salah satu aplikasi kamera yang didesain khusus buat para pengguna yang suka foto dan video untuk semua smartphone Android. Google Camera tidak diragukan lagi dengan kualitas hasil jepretannya, dengan begitu ada versi yang baru agar lebih baik lagi dan memuaskan penggunanya. 

Tidak detik telepas dari kamera, untuk mengabadikan foto serta video Anda setiap hari dengan menggunakan Google camera dapat menikmati berbagai fitur untuk melengkapi dalam pengaturan layaknya kamera canggih.

Adapun fitur dari Google camera diantaranya adalah:

- HDR+ 

- Mode Malam 

- Zoom Super 

- Foto Terbaik 

- Potret 

- Rekaman Panjang

Baca juga: 5 Aplikasi Camera Terbaik Keren Untuk Android


13. Aplikasi Google Photos

Gambar Google Photos
Gambar Google Photos

Google Foto adalah aplikasi yang memberikan layanan penyimpanan dan berbagi semua foto dan video Anda dengan ditata secara otomatis.

Aplikasi Google Photos sangat cocok dengan cara Anda mengambil foto masa kini dan memasukkan beberapa fitur penting, seperti album bersama, kreasi otomatis dan pengeditan lanjutan. Selain itu, setiap akun Google dapat Anda nikmati 15 GB penyimpanan secara gratis dan Anda dapat memilih foto maupun video untuk dicadangkan dengan kualitas tinggi atau kualitas asli secara otomatis. Kemudian, perangkat yang terhubung dan di foto.google.com.  dapat Anda akses semua dari foto hingga video yang Anda cadangkan.


14. Aplikasi Google Youtube Music

Gambar Google YouTube Music
Gambar Google YouTube Music

Google YouTube Music adalah salah satu aplikasi desain music baru yang dapat dengan mudah menemukan music terbaru. Anda dapat menemukan atau rekomendasi untuk mengisi playlist Anda yang sesuai untuk Susana, kegiatan, lagu favorit, hingga yang lagi tren juga. Yang sebelumnya terdapat aplikasi Youtube untuk menonton menikmati video hiburan hingga yang positif, kini Anda bisa menikmati aplikasi Youtube Music yang didesain khusus untuk mendengarkan musik sebagai hiburan Anda.


15. Aplikasi Youtube

Gambar Google YouTube
Gambar YouTube 

Youtube adalah aplikasi resmi untuk seluruh smartphone Android. Nikmati apliasi ini yang sudah di tonton dari berbagai belahan dunia. Dari video, music, hingga streaming game, dan banyak hiburan lainnya. Dengan berlangganan pada channel yang Anda sukai secara gratis, dan Anda dapat berbagi kepada teman hingga ke orang lain.

Menjelajahi video dengan mudah, cepat dan desain keren yang selalu di perbarui membuat pengguna semakin nyaman dalam mengakses video lainnya. Menjadikan diri sebagai konten kreator video di youtube bisa berbagi video anda. Dapat memberi like atau suka, dan berkomentar pada video yang Anda tonton.

Temukan Video Youtube dengan Cepat

- Rekomendasi buat Anda pribadi yang sudah di susun pada tab Beranda

- Tab langganan terdapat channel favorit yang selalu update info terbaru dari langganan Anda biar tidak ketinggalan.

- Pada menu Akun Anda akan menemui video yang telah Anda tonton dan disukai. 


Demikian dari artikel 15 Rekomendasi Download Aplikasi Google yang Bermanfaat, semoga bermanfaat selamat menikmati aplikasi kalian, terimakasih.

Kesimpulan
Dari artikel diatas menjelaskan tentang 15 rekomendasi download aplikasi google yang bermanfaat, aplikasi tersebut yaitu Google Go, Asisten Google, Google Drive, Google Dokumen, Google Chrome, Google Classroom, Google Translate, Google Meet, Google Temukan Perangkat Saya(Find My Device), Google Play Service, Google Player Music, Google Camera, Google Photos, Google Youtube Music, dan Youtube. Semua aplikasi tersebut memiliki kegunaan dan manfaat berbeda-beda jangan hapus terlebih dahulu kalau belum merasakannya. Terimakasih.

Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.