Beranda
Aplikasi
News
Aplikasi Video Converence Google Meet, yang Aman dan Paling Ringan
Aan Trias Aan Trias
Maret 03, 2021

Aplikasi Video Converence Google Meet, yang Aman dan Paling Ringan

Aplikasi Video converence google meet


Apa itu Google Meet?

Google Meet merupakan aplikasi video conference atau bisa dikenal aplikasi meeting online. Aplikasi video conference Google Meet adalah salah satu produk buatan dari Google yang termasuk dalam layan komunikasi video. Google sebelumnya sudah ada aplikasi Google Chat dan Google Hangouts, Google Meet adalah produk terbaru dari Google pada Februari 2017. Sedangkan Google pada Oktober 2019 sudah memberhentikan versi klasiknya pada Google Hangout.

Manfaat Google Meet

Adapun manfaat dari Google Meet ini tentunya sangat membantu dan memudahkan kalian bagi para pekerja, pegawai dan lainnya yang berhubungan dengan pertemuan jarak jauh misal meeting online. Apalagi bagi dunia bisnis sangat terbantu dengan adanya Google Meet ini. Langsung saja fitur apa saja yang dapat kalian manfaatkan dari Google Meet yaitu:
  1. Mampu melakukan pertemuan melalui online
  2. Teks tertutup yang dihasilkan, dengan adanya Al (Artifical Intelegence)
  3. Tertaut dengan Google calender, sehingga ketika melakukan panggilan hanya dengan sekali klik. 
  4. Dapat berbagi layar untuk menampilkan berbagai dokumen, persentasi, atau juga bisa spreadsheet.
  5. Panggilan sudah terenskripsi
  6. Bagi yang sudah menggunakan paket Google Suite Enterprise, kata sandi dari pengguna maka terlindungu dengan penuh pastinya aman.

Kelebihan Kekurangan Google Meet

Dari aplikasi Google Meet sendiri pastinya ada kelebihan dan kekurangannya, karena dengan zaman sekamjin maju pun aplikasi Google Meet ini bisa ada cela maksudnya ada kekurangan dan ketertinggalan teknologi yang semakin maju. Pastinya juga ada kelebihan yang dapat digunakan atau di manfaatkannya. Dengan adanya kekurangan kelebihan terus dengan zaman semakin maju aplikasi Google Meet ada pembaharuan-pembaharuan demi kenyamanan pengguna semua. Berikut kelebihan dan kekurangan dari Google Meet adalah:

Kelebihan Google Meet
1. Gratis (Free)
Google Meet tersedia gratis siapapun bisa menginstalnya dengan kebebasan kalian tanpa dipungut biaya. Seperti bagi pengguna Android kalian bisa mengunduhnya lewat Playstore dengan mudah pastinya gratis, begitu juga yang lainnya. Google Meet sebelumnya berbayar tapi sekarang sudah tersedia gratis, aplikasi ini termasuk penyedia video conference terbaik dibanding dengan yang lainnya. Terbukti dengan Google memberikan dengan gratis.

2. Fitur White Board
Dengan fitur white board kalian bisa menggunakannya dengan cara menulis tulisan dengan kata-kata, sebagaimana kita menulis di papan tulis didepan dan menerangkannya, misal seperti papan tulis didepan kelas. Menggunakan fitur ini pastinya juga gratis hehe. Menggunakan fitur ini juga terasa ringan, ada juga kan ketika kita saat menggunakan fitur dari aplikasi itu malahan membuat atau memperberat jalannya aplikasi.

3. User Interface yang Menarik
Interface atau tampilan antar muka dari Google Meet sangat menarik, unik serta fungsional. Pengelolaan yang mudah, efisien dan ringan membuat pengguna akan dimanjakannya. Google Meet ini sangat mudah bagi pemula karena sangat user friendly cocok banget maka tidak akan kesulitan lagi.

4. Dapat Mengundang Peserta dengan Banyak
Seperti halnya aplikasi Zoom yang dapat mengundang para peserta untuk mengikuti video call orang banyak lebih dikenalnya dengan video conference, tetapi dalam Google Meet hanya dalam sekala kecil cukup 30 orang  beda dari yang sebelumnya hanya maksimal 12 orang.

5. Dapat diakses Semua Platform
Tentunya Google Meet ini disediakan untuk semua platform agar bisa mengaksesnya, misal baik dari PC dengan tampilan WEB, Android, iOS. Dengan mudah mengaksesnya dimanapun dan kapanpun kalian berada.

Kekurangan Google Meet

1. Tidak Semua Fitur Gratis
Fitur yang kalian gunakan terbatas untuk pengguna gratis, beda lagi jika kalian dengan menggunakan paket berbayar bisa menggunakan fitur dengan maksimal. Dengan begitu bagi para pengguna yang cari gratisan jadi terbatas dalam penggunaannya. Jika ingin menikmati fitur yang maksimal kalian bisa membeli paket dari Google Suite, misal salah satunya dapat mengundang 100 pengguna.

2. Jaringan internet yang Stabil
Dalam penggunaan aplikasi Google Meet ini kalian harus sedia jaringan yang memungkin dapat melakukan video call apalagi yang dilakukan video conference dengan orang banyak, sehingga membutuhkan jaringan yang stabil. Dengan begitu data yang digunakan banyak disarankan gunakan wifi karena biasanya lebih stabil dan tidak memerlukan banyak biaya.


Dengan demikian dari artikel aplikasi video converence Google Meet, kalian bisa menikmati fitur-fitur yang sudah di sediakan bagi yang ingin gratisan kalian cuman tebatas saat menggunakannya, begitu sebaliknya bagi kalian yang menggunakan dengan paket berbayar bisa menggunakan dengan maksimal yang ada dari fitur Google Meet. Sekian dari aplikasi video converence Google Meet. Terimakasih.

Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.