-->

Pembelajaran Daring Dengan Google Classroom


Pembelajaran online merupakan implementasi dari program pembelajaran kelas pada jaringan untuk mencapai target besar dan luas. Melalui jaringan, pembelajaran dapat diatur pada skala besar dengan peserta terbatas. Pembelajaran online hanya dapat dipertahankan dan diikuti oleh para pengguna gratis atau berbayar.

Tujuan pembelajaran online untuk memberikan kualitas pelayanan pendidikan dalam jaringan (online), yang besar dan terbuka untuk menjangkau audiens yang semakin luas.


Manfaat belajar jaringan (online)

  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan penggunaan yang efektif dari multimedia dalam belajar.
  • Meningkatkan keterjangkauan pendidikan berkualitas tinggi dan kan pelatihan melalui organisasi pembelajaran dalam jaringan.
  • Mengurangi biaya pendidikan yang berkualitas dan pelatihan melalui penggunaan sumber daya bersama.

Fitur jaringan (online)
Pembelajaran online yang diselenggarakan belajar melalui jaringan internet. Pembelajaran online adalah belajar tanpa batas jumlah peserta diselenggarakan melalui Internet. Sistem pembelajaran online ini terbuka dalam hal akses terbuka untuk komunitas pendidikan, industri, perusahaan publik dan masyarakat umum.

Untuk memastikan pelaksanaan dan keberlanjutan program, pendidikan dan pelatihan pembelajaran online, pembangunan harus memperhitungkan aturan dan hukum. Beberapa dari mereka yang terkait sebagai berikut:

  • Peraturan Menteri Nomor 38 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kementerian Pendidikan Nasional;
  • Peraturan Presiden DeTIKNas untuk Penggunaan ICT (RI Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2006)
  • Permendikbud Nomor 119 tahun 2014 tentang pelaksanaan pendidikan jarak jauh dalam penelitian pendidikan dasar dan menengah. [dua]
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109 Tahun 2013 tentang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam pendidikan tinggi;
  • Peraturan Kementerian Riset Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi; [3]



Pembelajaran Daring Dengan Google Classroom
Google Classroom atau ruang kelas teras Google adalah campuran dari belajar untuk ruang pendidikan yang dapat memungkinkan guru untuk membuat, berbagi dan mengklasifikasikan setiap tugas tanpa kertas (paperless). Google Kelas menggunakan sejumlah alat produktivitas gratis seperti Gmail, Drive dan Dokumen, dan tersedia untuk pengguna Google Apps for Education Google Kelas dirancang untuk membantu guru membuat dan tugas tanpa kertas piutang, termasuk fitur hemat waktu sebagai kemampuan untuk membuat salinan dari Google Docs untuk setiap siswa secara otomatis.

Google juga menciptakan folder Aula drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, sehingga segala sesuatu adalah dalam rangka. Siswa dapat melacak apa waktu karena pengumpulan pada halaman tugas dan mulai bekerja dengan satu kali klik. Guru dapat dengan cepat melihat siapa yang belum menyelesaikan tugas-tugas, dan memberikan umpan balik dan nilai langsung ke Google kelas. Berdasarkan situs resmi Google, Google Kelas penawaran beberapa keuntungan, seperti:

  1. Kelas dapat segera disiapkan; guru dapat membangun kelas dan mengundang mahasiswa dan asisten dosen. Kemudian di kelas saat ini, mereka dapat berbagi informasi seperti tugas, pengumuman dan pertanyaan
  2. Menghemat waktu dan kertas; guru dapat membuat kelas, tugas menetapkan, berkomunikasi dan melakukan manajemen, semua dalam satu tempat.
  3. Mengelola terbaik; Siswa dapat melihat tugas di halaman tugas di kelas saat ini dan kalender kelas. Semua materi secara otomatis disimpan dalam folder Google Drive.
  4. Peningkatan komunikasi dan umpan balik; guru dapat membuat tugas, mengirim pengumuman dan memulai diskusi secara langsung. Siswa dengan mudah berinteraksi dengan temannya melauli email diantaranya dapat berbagi materi satu sama lain. Guru dapat dengan cepat melihat siapa yang memiliki atau belum menyelesaikan tugas, serta memberikan nilai input langsung dan real time.
  5. Dapat digunakan dengan aplikasi yang Anda gunakan; pekerjaan kelas dengan Google Docs, Calendar, Gmail, Drive dan Formulir.
  6. Aman dan terjangkau; kelas disediakan secara gratis. Kelas tidak mengandung iklan dan tidak pernah menggunakan konten atau data siswa untuk tujuan periklanan. [5] D. Gratis Menggunakan Google Kelas



Cara menggunakan pembelajaran Google Classroom
Cara memulai pembelajaran Google Classroom

  1. Buka penambahan aplikasi website di PC atau laptop, kemudian pergi ke alamat linknya klik di sini Google Classroom
  2. Klik "Open Kelas" untuk masuk ke halaman login dengan akun google.
  3. Jika Anda sebelumnya telah login menggunakan akun Google Anda tidak dapat melanjutkan proses ini. Hal ini karena akun Anda tidak terdaftar sebagai pengguna dari Kelas di Homeschooling Kak Seto, ini akan membuatnya tidak dapat terhubung ke kelas (kelas bergabung). Solusinya Anda perlu membuat akun Google lagi.
  4. Setelah menggunakan google rekening lagi nanti mulai menggunakan kelas.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih peran apakah sebgai seorang siswa atau guru.
  6. Kemudian, lakukan pendaftaran atau bergabung dengan kelas dengan mengklik "+" dan klik bergabung dengan kelas, masukkan kode kelas yang terdapat pada lembar sesuai dengan jadwal kelas atau mata pelajaran yang Anda ikuti.
  7. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman kelas dashboard. Untuk memasukkan kode kelas, klik menu, pilih "kelas", masukkan kode kelas sesuai dengan petunjuk yang telah sebelumnya dijelskan.

Cara mengerjakan tugas pembelajaran Google Classroom

  1. Untuk mulai melakukan tugas, klik "Open" 
  2. Selanjutnya dalam tugas  pilih bidang judul yang harus dilakukan
  3. Kemudian pilih opsi alat yang tersedia di kelas yang ditunjukkan pada tugas. 
Pembelajaran online merupakan implementasi  program kelas instruksional dalam jaringan untuk mencapai target besar dan luas. Melalui jaringan, pembelajaran dapat diatur pada skala besar dengan peserta terbatas. pembelajaran online hanya dapat diselenggarakan dan diikuti oleh gratis atau berbayar.

Google Classroom atau Google kelas adalah campuran kelas belajar untuk ruang pendidikan yang dapat memungkinkan guru untuk membuat, berbagi, dan mengklasifikasikan setiap tugas tanpa kertas (paperless). Google Kelas menggunakan serangkaian alat produktivitas gratis termasuk Gmail, Drive dan Dokumen, dan tersedia untuk pengguna Google Apps for Education Google Classroom dirancang untuk membantu guru membuat dan tugas mengumpulkan tanpa kertas, termasuk fitur hemat waktu seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs otomatis untuk setiap siswa.

0 Response to "Pembelajaran Daring Dengan Google Classroom"

Post a Comment

Komentar anda sangat kami butuhkan demi berkembangnya blog atau website ini. Silahkan berkomentar di kolom yang telah di sediakan. Terima kasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel