Pengertian dan 5 Manfaat E-Learning Bagi Lembaga Pendidikan

E-learning pengertian dan manfaat selowtekno


Pengertian E-learning
E-learning yaitu suatu sistem atau konsep sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Media yang digunakan salah satunya dalah komputer. Dalam bentuk berbasis website yang dikembangkannya dari jaringan komputer. Sehingga nantinya jaringan komputer dikembangkan menjadi lebih luas yaitu internet.
  
Dengan adanya e-learning yang berbasis web bisa lebih menjadikan interaktif. Sistem e-learning tidak ada batasan akses yang memungkinkan perkuliahan bisa dilakukan lebih banyak waktu.
  
Pengertian E-Learning Menurut Para Ahli
Banyak para ahli atau pakar yang berbagai sudut padang dalam menguraikan definisi E-learning. Banyak definisi yang digunakan para ahli adalah sebagai berikut:
  • Michael, 2013 “E-learning adalah pembelajaran yang disusun ialah dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran
  • Chandrawati, 2010 “E-learning adalah justru suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip didalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi.”
  • Ardiansyah, 2013 “E-Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan ialah sebagai sarana ialah sebagai proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan pelajar.

Manfaat E-Learning
Lima (5) Manfaat E-learning adalah sebagai berikut:
1. Menghemat Biaya
E-learning dalam administrasinya memang sangat effesien, dilihat dari lembaga pendidikannya itu sudah mengurangi biaya tenaga pengajar, peralatan kelas, penyewaan situs pelatihan online dan percetakan buku. Maka dari itu lembaga pendidikan tidak perlu menghadirkan tenaga pengajar, merenovasi kelas dan mencetak ratusan bahkan bisa ribuan buku.

2. Belajar Lebih Praktis dan Menyenangkan
E-learning sangat membantu sekali ketika pembelajaran yang terkadang membosankan dan membuat murid stres sehingga nantinya materi pembelajaran yang di ajarkan oleh tenaga pengajar menjadi tidak efektif. Maka dari itu dengan adanya e-learning ini kegiatan belajar lebih fleksibel dan sehingga membuat para murid menjadi rileks nyaman mungkin bisa meningkatkan motivasi murid menjadi lebih semangat dalam belajar.

3. Pelajar Lebih Mudah Dimonitor
Kemajuan siswa, peningkatan siswa dan memastikan bahwa mereka memenuhi pencapaian kinerja mereka bagi para pengajar diberikan kemampuan melacaknya dari e-learnig ini. Misalnya ketika ada murid yang tidak lulus dalam ujian online, maka akan dapat penawaran dari pengajar dengan metode yang sesuai dengan kepribadian murid sehingga mereka dapat lebih mudah menerima materi pembelajaran yang telah disiapkan dan akhirnya membuat murid lebih meningkat performanya dalam belajar.

Dengan adanya sistem e-learning yang canggih memudahkan pengajar dapat memungkinkan untuk menentukan area e-learning mana yang masih kurang dan mana yang sudah sangat baik. Jika misalnya ada beberapa yang membuat beban kepada siswa yang kesulitan dalam menguasai materi dalam pembelajaran tertentu. Maka dari itu pengajar dapat mudah mengevaluasi dan melakukan perbaikan yang lebih baik jika diperlukan.

4. Pendekatan yang Lebih Terhadap Pelajar
Pastinya sangat sulit bagi seseorang pengajar untuk memenuhi semua kebutuhan unik kepada setiap murid, apalagi di dalam satu kelas ada banyak murid. Mudah dengan adanya  e-learning ini memungkinkan pengajar untuk beralih dari model pembelajaran "Satu untuk semua" ke model pembelajaran yang bisa berfokus pada kebutuhan setiap siswa tersebut. Maka dari itu dengan sistem pembelajaran yang bertahap dan berbagai format konten yang beragam, pengajar dapat memberikan pengalaman belajar yang unik dan lebih personal, yang berbeda yang dilakukan di kelas tradisional.

5. Database Siswa yang Lebih Aman
Dari biodata, kelas yang diikuti, tugas dan ujian yang telah diselesaikan, informasi status pembayaran dan berbagai aktivitas pembelajaran mereka semuanya dapat dengan mudah dipantau dengan mudah. Seluruh informasi detail mengenai murid disimpan dalam satu sitem terpusat secara aman. Yang menentukan siapa saja yang bisa mengakses data murid adalah dari pihak sekolah.

6 Responses to "Pengertian dan 5 Manfaat E-Learning Bagi Lembaga Pendidikan"

  1. Emang betul gan, banyak banget manfaatnya. Dulu pas masih ada wapka ane juga buat semacam itu tp hanya berupa sosial network sedehanas yang didalamnya ada fitur untuk belajar juga. Ada forum dan ada event cerdas cermat. Namun skrg sudah turup rencananya mau buka pke php tp masih on process

    ReplyDelete
  2. Proses belajar mengajar jadi lebih mudah. Bagi murid, harus punya inisiatif sendiri buat belajar dan tidak hanya berpaku pada materi yang dipelajari dalam e-learning.

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat. E learning adalah model pembelajaran masa depan.

    ReplyDelete

Komentar anda sangat kami butuhkan demi berkembangnya blog atau website ini. Silahkan berkomentar di kolom yang telah di sediakan. Terima kasih sudah berkunjung.

iklan satu (2)

Iklan satu

Domainesia

Iklan ketiga