Beranda
Aplikasi
News
Teknologi
Selain Zoom, ini 3 Aplikasi Video Conference untuk Meeting Online (Free)
Aan Trias Aan Trias
Januari 21, 2021

Selain Zoom, ini 3 Aplikasi Video Conference untuk Meeting Online (Free)

aplikasi_video_conference
Video Conference

Koferensi video diambil dari bahasa inggris Video conferencing adalah seperangkat teknologi yang dapat memungkinkan dua pihak dapat terhubung secara bersamaan sebagaimana telekomunikasi interaktif yang menggunakan audio dan video dengan lokasi yang berbeda. Adapun yang dibutuhkan device atau perangkat, perangkat lunak, koneksi internet pastinya.

Di era digital ini teknologi semakin berkembang, untuk rapat atau lebih kerennya meeting tidak harus bertemu dengan tatap muka dengan jarak jauh pun bisa. Bagi yang bekerja tidak harus susah-susah pergi ke lokasi untuk bertemu. Begitu pula untuk para pelajar, mahasiswa juga memungkinkan kegiatan belajar mengajar dirumah, diamana saja, dan kapan saja. 

Sedangkan aplikasi yang banyak penggunanya sekarang yakni zoom meeting. Yang dapat menampung banyak orang untuk melakukan video conferencingselain zoom ada beberapa aplikasi yang recomended buat kalian untuk melakukan video conferencing, untuk silaturahmi dengan orang banyak melalui video call, atau buat mengobati kangen kalian juga bisa hehe.   
Microsoft Teams sebelumnya sudah hadir di indonesia pada November 2016 dengan versinya "Preview". Setelah lima bulan kemudian dari pihak perusahaan microsoft telah resmi meluncurkannya. Sekarang kini sudah 181 negara dan 19 bahasa sudah tersedia.
Teams aplikasi dari platform Microsoft dapat dijadikan refrensi hendak melakukan meeting online dengan menggunakan video call dan dapat menjangkau pengguna hingga 10 ribu dalam sekali panggilan. Bagi yang ingin membutuhkan video konferensi dengan muatan yang banyak lebih besar recomended banget untuk mencoba menggunakan aplikasi ini.
Keunggulan dari aplikasi Microsoft Teams diantaranya:

  • Sebagai hub jaringan, maksudnya Microsoft Teams ini terintegrasi dengan Word, Exel, Power Point, SharePoint, OneNote, dan PowerBI.
  • Menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan ruang kerja dengan tab, konektor dan bot dari pihak ketiga beserta layan Microsoft lainnya.
  • Memberikan tampilan percakapan yang lebih modern dengan thread, memungkinkan semua orang dapat terlibat dalam percakapan. Dan percakapan dapat diatur untuk terlihat seluruh orang atau hanya orang tertentu saja. 
  • Keamanan yang tinggi enterprise grade cloud office 365, bagi para pengguna dirasa aman menggunakan aplikasi ini tidak perlu khawatir. 


Aplikasi buatan dari platform Google ini sebelumnya sudah ada Google Hangout namanya, keguanaanya juga bisa melakukan panggilan video, namun pada Oktober 2019 pihak Google telah menghentikan versi klasik Google Hangouts ini. Sedangkan Google Meet sendiri dirilis pada Februari 2017 untuk pengguna iOS. Setelah itu Google secara resmi merilis Google Meet dibulan berikutnya dengan video konferensi 30 orang yang dapat menonton. Yang dapat dinikmati bagi pengguna Android, iOS, dan tampilan WEB.
Adapun keunggulan dari Google Meet yang dapat kalian manfaatkan:

  • Dapat mengundang hingga 100 penonton.
  • Dapat melakukan rapat dimana saja, bagi para pekerja dan karyawan mungkin sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini dengan cara video call.
  • Dapat melakukan interface tatap muka, dengan ukuran yang ringan, mudah dan cepat, sangan mengefesienkan pengelolaannya. 
  • User friendly, dapat digunakan di tampilan laptop, komputer, ipad, smartphone.


Selanjutnya aplikasi recomended yang terakhir buat kalian adalah Google Duo. Aplikasi ini beda dengan Google Meet yang dapat mengundang para pengguna secara besar, namun aplikasi ini dapat mengundang maksimal 12 orang pengguna. Yang dapat menikmati aplikasi ini diantaranya pengguna Android, iOS, tablet dan WEB. 
Sekarang ada pembaharuan yang lebih baik lagi  di bulan April 2020 diantaranya;

  • Video call 12, yang sebelumnya maksimal 8 orang yang dapat video call bersamaan.
  • Dapat melakukan streaming ketika melakukan video call . 
  • Memberikan gambar kualitas tinggi dibanding sebelumnya yang standar.
  • Kualitas video lebih jelas dengan trafik data minimal 
  • Dapat fitur link invite (undangan untuk ngobrol dengan klik link)

Silahkan pilih sendiri sesuai keinginan kalian dari aplikasi Video Conference, selamat mencoba. 


Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.