Beranda
News
Tutorial
2 Cara Convert Word ke Pdf di HP 100% Work
Aan Trias Aan Trias
Februari 03, 2023

2 Cara Convert Word ke Pdf di HP 100% Work


Cara Convert Word ke PDF


Tutorial - PDF merupakan format hasil tulisan yang sering digunakan untuk menyimpan file dokumen. Memilih untuk menggunakan format PDF karena hasilnya lebih rapi dan aman. Selain file PDF ada Word yang biasanya berformat doc, docx juga sering digunakan untuk mengetik dan menyimpan. Setelah file tersimpan, agar penulisan rapi dibuka semua platform entah komputer dan smartphone di ubah word ke pdf.

Baca juga: 

Konversi word ke pdf atau lebih mudahnya mengubah file word ke pdf ini dapat di lakukan dengan berbagai cara yang pastinya mudah. Menurut saya antara format word dengan pdf jika digunakan lebih enak menggunakan pdf. Kenapa bisa dikatakan begitu, karena dari pengalaman saya menggunakan file word ketika di buka dengan beda platform misalnya dari laptop dibuka di smartphone tulisan dari word terkadang ada yang kurang rapi. Walaupun dibuka sama-sama komputer atau laptop yang menggunakan software microsoft word dengan tahun versi yang berbeda file dokumen yang dibuka tulisannya kurang rapi. Jadi saya lebih memilih menggunakan file dokumen yang berformat pdf daripada word untuk di share ke orang lain.

Baca Juga: Cara Instal Quran in Word untuk Semua Microsoft Word

Jadi menggunakan file pdf ini memiliki beberapa kelebihan seperi file lebih fleksibel dibuka semua platform, file dapat dikunci sehingga filenya lebih aman. Jika terlanjur disimpan file menjadi pdf apakah bisa di edit? 

Tenang bisa di edit, dengan batuan aplikasi atau software lainnya salah satunya dapat menggunakan software PDF Reader. 

Penulis atau kalian yang sedang mencari cara convert word ke pdf menggunakan HP sangat tepat sekali membuka artikel ini yang akan menjelaskan dengan mudah simpel dipahami. Langsung saja caranya bisa kamu simak dibawah ini.


Cara Convert Word ke PDF di HP 100% Work

Cara mengubah dokumen word ke pdf di hp yang saya gunakan sangat mudah yakni convert word ke pdf menggunakan aplikasi atau secara offline dan convert file word ke pdf dengan cara online. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Cara Convert Word to PDF offline

Cara ini yakni menggunakan aplikasi untuk mengubah word ke pdf.

  • Download terlebih dahulu aplikasinya "PDF Converter dan PDF Reader". Bisa melalui Google Play Store yang dapat diunduh secara gratis dan aplikasinya ini hanya satu walaupun dilihat dari namanya itu seperti 2 aplikasi.
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut. Akan muncul tampilan awal seperti ada untuk membaca, mengedit, menggabungkan, dan mengubah (konversi).
  • Setelah itu pilih menu "Word to PDF" untuk mengubah file word ke pdf.
  • Jika muncul notifikasi izinkan saja. Kemudian pilih file yang ingin di konversi.
  • Jika udah tunggu hingga file di konversi selesai. Pemberitahuan untuk ukuran file besar ataupun kecil itu mempengaruhi kecepatan untuk memproses konversi file ke pdf.
  • Proses word ke pdf selesai, kemudian diminta untuk mengunduh file dokumennya.


2. Convert Word to PDF Online

Cara ini termasuk cara mengubah word ke pdf tanpa aplikasi karena hanya sekadar browsing secara online. Lebih simpel dari cara yang pertama. Cara ini bisa diakses dari Komputer, Laptop, Smartphone Android hingga Iphone. Pokoknya tidak terlalu ribet menggunakan cara yang kedua ini. Lebih jelasnya sebagai berikut.

Convert Word to PDF Online


  • Silahkan kunjungi link url smallpdf.com atau bisa search di Google.
  • Selanjutnya, pilih file word yang ingin di convert. Bagi yang menggunakan komputer atau laptop bisa langsung seret saja file word kalian ke kotak yang disediakan.
  • Setelah itu tunggu proses mengkonversi file ke format PDF.
  • Jika sudah klik "Unduh" file PDF kamu.

Kesimpulan

Cara mengubah file Word ke PDF di HP bisa menggunakan 2 cara, yakni dengan cara convert word to pdf offline dan cara convert word to pdf online. Jika menggunakan cara convert word to pdf offline ini menggunkan aplikasi. Sedangkan menggunakan cara convert word to pdf online dengan cukup mengunjungi link smallpdf.com seperti mengubah word ke pdf tanpa aplikasi. Dari kedua cara ini memang sangat simpel dan mudah dilakukan.

Demikian dari pembahasan tutorial 2 Cara Convert Word ke PDF di HP 100% Work. Untuk informasi lainnya yang terbaru bisa datang ke website Selowtekno ini. Terimakasih sudah berkunjung di  website kami.

Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.