Beranda
Proyektor
Tutorial
Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor Windows 10
Aan Trias Aan Trias
Januari 03, 2023

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor Windows 10

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor Windows 10

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor Windows 10 - Saat  mengadakan pertemuan bisnis atau ingin merasakan pengalaman hiburan yang lebih luas, diperlukan tampilan eksternal  seperti proyektor. Proyektor sudah lama ada sebagai solusi tepat untuk menampilkan video, gambar atau data dari komputer dengan  layar yang cukup besar. Dibandingkan dengan media lain, seperti TV plasma atau monitor LED, proyektor juga praktis untuk dibawa dan digunakan kapan saja, di mana saja.

Baca juga: Cara mengatur tampilan Proyektor paling mudah 100% work

Alat yang dibutuhkan Menghubungkan Laptop ke Proyektor

Sebelum menghubungkan laptop ke proyektor, perlu menyiapkan alat yang dibutuhkan untuk menyambungkan dari laptop ke proyektor. Bagi yang sudah punya lewati saja. Sedikit tambahan bagi laptop yang tidak memiliki Port VGA itu ada tambahan alat yang dinamakan Converter. Agar lebih jelas cara menghubungkannya sebagai berikut.

  • Colokan terlebih dahulu Convert VGA Port ke sambungan HDMI yang terdapat di laptop. Untuk laptop yang sudah ada colokannya, langsung saja hubungkan.
  • Setelah terhubung, tekan tombol Windows (tombol yang terdapat di keyboard berlogo windows (+) bersamaan tombol
  • Lalu pilih output yang dilayar sesuai kebutuhan
  • Selesai

Tips Menghubungkan Proyektor dengan Benar

Dengan demikian, proyektor menjadi salah satu perangkat vital dalam kebutuhan sehari-hari. Agar lebih nyaman digunakan, tahukah kami cara  menyambungkan proyektor dengan benar ke laptop Windows 10? Berikut tipsnya! 

1. Sambungan fisik 

Pertama sambungkan proyektor ke laptop menggunakan port HDMI atau MiniDisplayPort. Setelah berhasil diinstal, Windows akan mengenali keberadaan perangkat keras baru yang terhubung. Klik tombol Windows pada keyboard + P atau  klik kanan pada layar desktop, lalu pilih Screen resolution. Kemudian pilih  mode dari empat opsi berikut. 

  • PC Screen Only (layar PC saja). Anda hanya akan melihat gambar layar  di laptop. 
  • Duplicate (Layar ada dua di PC dan Proyektor). Opsi layar yang akan menampilkan tampilan pada  laptop dan proyektor. 
  • Etend (Layar Melebar). Anda dapat melihat dua  layar di laptop atau proyektor, dan Anda dapat menyeret dan memindahkan item di antara keduanya. 
  • Project Only (Proyek saja). Menampilkan layar proyektor saja. 

2. Koneksi non-fisik 

Sekarang, Microsoft telah mempermudah menghubungkan laptop ke proyektor berkat Windows 10. Sistem operasi terakhir memiliki pengaturan yang membuatnya cukup plug and play. Untuk laptop dan proyektor berkemampuan Miracast, tekan tombol Windows + P, pilih Sambungkan ke layar nirkabel. Klik Proyektor, maka Anda dapat langsung menggunakan proyektor.

Menyambungkan proyektor ke laptop sangatlah mudah jika Anda mengetahui caranya. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan agar sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda. Biar presentasimu selalu berjalan sukses, pastikan juga menggunakan proyektor yang dapat memenuhi tuntutan mobilitas tinggi.


Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.