-->

Cara Mengatur Tampilan Proyektor Paling Mudah

Cara-mengatur-tampilan-proyektor-paling-mudah

Bagi yang sering menggunakan proyektor entah dalam kegiatan meeting, persentasi dalam memaparkan materi, atau juga untuk mengajar peserta didik biasanya menggunakan media satu ini. Proyektor adalah sebagai alat bantu untuk mempermudah menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Biasanya untuk menampilakan dari PowerPoint atau dari data yang lainnya yang nantinya akan di persentasikan. Tetapi entah kenapa saat digunakan itu ada yang mengalami masalah entah itu karena blank atau susah dioperasikannya. Dalam keadaan seperti ini bagi pemula atau yang jarang menggukan proyektor pastinya khawatir bagaimana kalau error atau rusak. Enggak sampai seperti itu hehe, santuy kalem di kuasai. Bagi kamu yang mencari solusinya tepat sekali membaca tutorial cara mengatur tampilan proyektor.

Cara pertama kamu bagi pemula saat ini jangan panik dahulu, tenangkan diri dengan hidangan secangkir kopi mungkin biar ada efek-efek tenang gituh hehe. Saya juga punya teman seperti itu panik saat mengalami kejadian saat dia mau persentasi tiba-tiba layarnya blank kalau tidak layarnya gak sesuai yang di inginkan. Nah ini tutorial paling mudah buat kamu yang belum tahu, cara ini mudah untuk di lakukan. Mari simak tutorialnya cara mengaturnya dibawah ini.


Cara Setting Proyektor
  • Silahkan masuk ke menu “Control Panel” kemudian cari dan pilih pada bagian “Display Setting” setelah pilih dan klik menu “Connect to projector”. Cara mudah dan simpelnya kamu bisa menekan tombol kombinasi “Windows + P
  • Jika sudah masuk pada pilihan menu layar proyektor yang ada di tampilan laptop kamu pastikan ada empat pilihan layar. Seperti gambar berikut.

Cara-mengatur-tampilan-proyektor-paling-mudah
Tampilan di Windows 8

Setelah itu kamu tinggal milih sesuai kebutuhan kamu dari salah satu pilihan layar sesuai gambar diatas. Adapun berikut penjelasannya.
  1. PC Screen Only: Pilihan ini adalah tampilan yang ada di desktop komputer atau laptop kamu dan tidak akan muncul di layar proyektor. Pilihan adalah tampilan default dari komputer atau laptop.
  2. Duplicate: Untuk pilihan ini berfungsi untuk menduplikasikan tampilan layar yang ada di komputer atau laptop di tampilkan dalam layar proyektor. Semua aktifitas yang kamu lakukan di komputer atau laptop akan terlihat di tampilan proyektor selama itu terhubung dengan proyektor.
  3. Extend: Sedangkan pilihan yang satu ini berfungsi dapat memperpanjang atau membagi layar yang ditampilkan memiliki 2 tampilan. Dengan begitu memungkinkan  penggunanya untuk dua pekerjaan sekaligus.
  4. Second Screen Only: Pilihan yang terakhir ini berfungsi untuk menampilkan tampilan yang ada di layar komputer atau laptop tekhususkan pada proyektor. Dengan demikian nantinya komputer atau laptop akan blank dan tampilannya akan tampil di proyektor saja.

Jadi solusinya bagi yang layarnya blank bisa memlilih tampilan Duplicate atau Extend.

Hindari Kesalahan-kesalahan Menghubungkan Laptop ke Proyektor

1. Terdapat Tulisan No Signal

Dalam keadaan seperti ini kamu bisa cek terlebih dahulu pada proyektor apakah sudah hidup atau dalam keadaan mati. Karena jika proyektor belum hidup dan sudah di sambungkan dengan komputer atau laptop maka akan terjadi yang namanya “No Signal”. Maka dari itu di cek terlebih dahulu proyektornya, hidupkan proyektor sebelum komputer atau laptop.

2. Salah Memasang Kabel HDMI

Hubungkan kabel HDMI dari proyektor ke komputer atau laptop dengan benar. Dimana kamu dalam pemasangan kabel pada komputer atau laptop, proyektor akan berpengaruh. Jika dalam memasang kabel proyektor sudah benar kamu masih bingung, maka kemungkinan yang bermasalah itu terdapat pada kabel HDMI. Solusinya paling cepat kamu bisa beli baru lagi hehe.

Walaupun kesalahan-kesalahan diatas itu sepele maka dari itu kamu harus mengetahuinya. Karena masalah seperti ini yang sering terjadi. Dengan begitu kamu dengan mudah mengatasinya tanpa kebingungan, walaupun posisi saat itu akan melakukan persentasi. Tetap tenang, kalem dan kuasai. Hehe.


Kesimpulan
Cara mengatur tampilan proyektor itu ada dua pilhan dengan lewat Control panel dan dengan kombinasi tombol windows + P. Nanti akan muncul empat pilihan layar pada komputer atau laptop yaitu; PC Screen Only, Duplicate, Extend, dan Second Screen Only. Untuk mengatasi layar blan bisa gunakan pilihan layar Duplicate atau Extend. Adapun kesalahan-kesalahan yang harus dihindari yaitu salah terdapat no signal dan memasang kabel HDMI. Terdapat no signal, maka kamu pastikan hidupkan terlebih dahulu proyektor sebelum komputer atau laptop. Sedangkan memasang kabel HDMI yang benar, kamu saat memasang di cek terlebih dahulu sudah benar memasang kabel yang di proyektor dan komputer atau laptop.

0 Response to "Cara Mengatur Tampilan Proyektor Paling Mudah"

Post a Comment

Komentar anda sangat kami butuhkan demi berkembangnya blog atau website ini. Silahkan berkomentar di kolom yang telah di sediakan. Terima kasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel