Aan Trias

4 Persiapan Beli Mobil Online dengan Lebih Aman

4 Persiapan Beli Mobil Online dengan Lebih Aman

Internet berhasil mempermudah kehidupan manusia. Segala sesuatu bisa dikerjakan secara online. Belajar, bekerja, berbelanja, semuanya jadi lebih praktis berkat perkembangan teknologi. Yang lebih menggiurkan adalah beli mobil online dengan beberapa langkah yang sangat sederhana.

Tapi apapun caranya, membeli mobil memerlukan banyak sekali pertimbangan. Hal ini sangat penting, apalagi kalau Anda belum pernah membeli mobil secara online sebelumnya. Cari tahu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memesan mobil impian Anda dari situs web tertentu.

Tips Penting Beli Mobil Secara Online

Persiapan dan pertimbangan yang matang sangat dibutuhkan dalam membeli mobil baru, terlebih jika metode pembeliannya adalah secara online. Beberapa orang yang terburu-buru membeli mobil secara online berakhir kecewa karena tidak mendapatkan detail lengkap tentang mobil yang diinginkannya.

Agar Anda tidak merasakan kekecewaan yang serupa, ikuti beberapa tips berikut ini dan dapatkan mobil idaman Anda dengan aman.

1. Periksa Situs Web Penjualan Mobil

Selalu periksa reputasi situs web yang Anda kunjungi untuk membeli calon mobil baru Anda. Kalau Anda menemukan penjual mobil di situs media sosial tertentu, periksa reputasi penjual mobil tersebut dengan bertanya-tanya ke berbagai grup otomotif maupun di berbagai komunitas mobil.

Kalau situs web penjualan mobil memakai domain sendiri, sangat penting untuk memeriksa legalitas perusahaan. Tapi kalau penjual mobil memanfaatkan layanan marketplace, periksa rating took serta berbagai komentar dari para pembeli yang sebelumnya. Metode manakah yang lebih aman?

Jauh lebih aman untuk melakukan transaksi melalui marketplace. Biasanya ada sistem proteksi bagi para pembeli yang terdeteksi menjadi korban dari tindakan penipuan.

2. Baca Review Pembeli Lainnya

Ulasan dan review dari para pembeli yang sebelumnya juga bisa menjadi bahan pertimbangan yang bagus. Di berbagai situasi, kehadiran ulasan sangat penting dan vital. Review yang ditinggalkan oleh pembeli adalah bukti yang jujur dan relevan dan tidak bisa diubah oleh penjual mobil online.

Ada situs web yang menyediakan informasi tentang situs yang menjual kendaraan secara online. Anda bisa memeriksa situs web tersebut dan menggunakannya sebagai bukti yang terpercaya dan signifikan sebelum mengunjungi situs web penjual mobil tertentu.

Situs web yang baik akan memberikan info customer service maupun cara apapun yang bisa menghubungkan pelanggan dengan penjual.

3. Cari Tahu Identitas Penjual Mobil

Biasanya, aplikasi untuk jual beli kendaraan online terdiri dari penjual, pembeli, serta aplikasi yang merupakan perantara atau pihak ketiga antara penjual dan pembeli. Sebelum membeli mobil impian, perhatikan identitas penjual dan cari tahu apakah penjual tersebut bisa diandalkan.

Tidak semua situs web dan aplikasi menyediakan rekomendasi untuk para penjual yang sudah dipercaya banyak orang. Anda perlu memperhatikan status yang telah dimiliki oleh setiap penjual mobil. Lakukan kontak online dengan penjual mobil tersebut.

Kemudian tanyakan alasan menjual mobil tersebut. Ajak penjual untuk bertatap muka atau bertemu langsung untuk melihat tanggapan dari penjual mobil.

4. Beli Mobil dengan SEVA

Mobil bukan sesuatu yang bisa dibeli dengan harga murah. Jangan sampai Anda membeli mobil yang harganya terlalu jauh di atas kesanggupan Anda. Dengan SEVA, Anda bisa memilih mobil impian yang harganya lebih masuk akal dan tidak membebani keuangan keluarga Anda.


Jika tidak berhati-hati, membeli mobil secara online bisa berbahaya dan sangat merugikan. Anda bisa terjebak penipuan dan kehilangan semuanya. Tapi dengan platform jual beli mobil terbaik, Anda bisa memperoleh mobil impian dengan harga yang jauh lebih masuk akal.