Aan Trias
April 25, 2022

Kemana File Yang Sudah Dihapus, Apakah Kalian Tahu?

kemana file yang sudah dihapus

News - Ketika kami pertama kali menghapus file, file yang terhapus akan pindah ke tempat sampah. Ketika sudah trehapus file masuk ke tempat sampah, ada tanda ikon akan berubah untuk menunjukkan bahwa itu berisi file. Jika perlu atau file tidak sengaja terhapus maka kita bisa memilah file yang sudah terhapus tersebut. 

Kemudian, jika sudah mengosongkan tempat sampah atau tempat file yang terhapus tadi maka ikon kembali seperti sebelumnya seperti tempat sampah kosong dan file didalamnya bersih dihilangkan.


Apakah File di Recycle Bin Memakan Ruang Disk?

Ya. Karena file tadi yang terhapus masih disimpan di ruang disk tempat sampah.  Setelah dikosongkan maka akan benar-benar terhapus dan file sampah tadi tidak memakan ruang disk di tempat sampah.

Begini jelasnya, saat file dihapus maka akan pindah ke penyimpanan Recycle Bin atau tempat sampah. Ketika file sudah masuk ke tempat sampah di hapus atau dikosongkan maka sudah tidak dapat dikembalikan lagi dan file sampah tadi sudah terhapus tidak memakan ruang penyimpanan. Maksud adanya tempat penyimpanan sampah atau Recycle Bin ini adalah untuk tempat menyimpan sampah yang sudah dihapus oleh pengguna, jadi file tersebut tidak benar-benar terhapus. 

Dengan adanya Recycle Bin, pengguna dapat memilah atau memulihkan kembali file yang sudah terhapus. Manfaat dari Recycle Bin menyimpan file yang sudah terhapus dan file yang sudah terhapus ini menjadi refrensi file yang dapat di pulihkan kembali.


Apakah File yang Sudah Terhapus Bisa dipulihkan Kembali?

Ya. Karena file yang sudah terhapus akan di pindahkan dan disimpan terlebih dahulu di Recycle Bin. Jadinya aman tidak langsung hilang. File tersbut bisa dipulihkan lagi.

Jika file yang sudah masuk kedalam Recycle Bin, maka dapat dipulihkan kembali atau ingin benar-benar dihapus biar tidak memakan penyimpanan hardisk. Kalau file yang sudah dihapus masuk ke Recycle Bin lalu di hapus  dan dikosongkan maka file tersebut tidak dapat dikembalikan lagi, karen file tersebut yakni sebagai file refrensi yang dapat dikembalikan seperti semula.

Nah maka kalian yang filenya terhapus atau tidak sengaja terhapus maka jangan panik duluan. Karena file tersebut tidak benar-benar terhapus dan bisa dikembalikan. 

Bagi pemula biasanya lngsung panik dengan keadaan seperti ini karena tidak paham ingin melakukan apa. Tenang dengan file yang terhapus kamu dapat dipulihkan kembali dengan cara membuka Recycle Bin untuk memilih file yang sudah terhapus tadi. File kemudian dapat dikembalikan ke folder semula.


Cara Mengembalikan File Terhapus di Laptop/Komputer

Adapun cara untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop atau di komputer, caranya mudah sekali ikuti cara-caranya sebagai berikut:

  1. Buka Recycle Bin, ikonya yang berupa tempat sampah biasanya berada di tampilan dekstop
  2. Pilih file yang ingin dipulihkan
  3. Kemudian klik kanan pada filenya, lalu pilih "Restore"
  4. Cek kembali file dengan pergi ke tempat penyimpanan file semula
  5. Selesai.

Nah mudah sekalikan untuk mengembalikan file sudah terhapus. Jadi tidak panik lagi dengan file yang tidak sengaja terhapus, sekarang sudah tahu cara untuk mengembalikan file yang sudah terhapus tadi.

Jika kamu terdapat masalah dan ingin mengetahui caranya bisa datang kembali ke website selowtekno ini yang membahas seputar informasi teknologi, tips trik dan tutorial lainya. Terimakasih.