Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Laptop / PC Agar Tidak Lemot 100% Work

Aan Trias
March 13, 2021
Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Laptop / PC

Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Laptop / PC – Telah lama menggunakan laptop, ada banyak file yang tersimpan hingga tidak sadar menjadi tertimbun dalam laptop. Apa lagi yang sering menggunakan laptop untuk bekerja dengan tercampur dengan file pribadi, sehingga banyak tumpukan sampah yang terlewatkan. Tumpukan file sampah tersebut menjadikan laptop bekerja berat dan lemot, peforma laptop dapat menurun tidak seperti biasanya digunakan.

Telah dijelaskan diatas salah satu faktor penyebab laptop lemot adalah terjadinya penumpukan file sampah. Adapun file sampah tersebut adalah file-file dari sisa yang ditinggalkan oleh program aplikasi yang telah dihapus sebelumnya diantaranya adalah:

  1. Temporary file, yaitu sisa file dari aplikasi yang sudah diunninstal. Biasanya setelah uninstall aplikasi masih terdapat file-file yang tersisa dalam ruang penyimpan.
  2. File yang tersimpan di Recycle Bin, yaitu file yang sudah dihapus melainkan file tersebut sepenuhnya belum terhapus, tetapi masih tersimpan di recycle bin.
  3. File Cache, yaitu file yang berasal dari hasil membuka program atau aplikasi. Dimana file ini bersifat tersimpan sementara di memori komputer dengan tujuan untuk mengefesienkan kerja aplikasi.

Maka dari itu terjadi penumpukan file sampah dan cache dengan terus-menerus, yang mengakibatkan kapasitas hardisk penuh. Dampaknya yakni mengakibatkan peforma laptop akan terasa lemot atau pun hingga menjadi error.

Untuk itu bagi komputer atau laptopnya sudah mulai terasa lambat, maka perlu dibersihkan terlebih dahulu file sampahnya, minimal 2 minggu sekali.

Baca juga: Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop 


Cara Membersihkan File Sampah di Komputer Tanpa Aplikasi dan dengan Aplikasi

Jika menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, maka caranya sangat mudah. Dapat menggunakan aplikasi tambahan, dan tanpa aplikasi. Dalam tutorial ini menggunakan windows 8, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Membersihkan File Sampah di Komputer Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan Run 

- Langkah pertama hapus file temporary aplikasi

  • Buka Run terlebih dahulu, caranya dengan menekan tombol kombinasi yakni Windows+R.
  • Maka akan muncul tampilan Run, lalu ketikkan disitu  %temp%  kemudian tekan “OK
    Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Laptop / PC

  • Setelah itu akan dibawa ke sebuah tempat dimana file-file temporari aplikasi tersimpan. Selanjutnya hapus semua file sampah tersebut.
  • Mungkin ada beberapa file dan folder yang tidak dapat dihapus, ini disebabkan oleh proses beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Maka lewati saja dengan klik skip.
  • Setelah menghapus file temporary aplikasi, maka langkah selanjutnya juga perlu menghapus file temporary Windows.

- Langkah kedua menghapus file temporary Windows

  • Caranya sama buka Run terlebih dahulu, ketikkan temp dan tekan Ok.
  • Setelah itu akan dibawa ke tempat direktori temporary Windows. Hapus semua file yang ada didalamnya, jika sudah selesai maka keluar saja.
  • Adapun file-file temporary yang telah dihapus tadi pindah di Recycle Bin, maka file tadi itu tidak langsung terhapus melainkan pindah ke tempat sampah. 
  • Jika ingin membersihkannya tinggal ke Recycle Bin dengan menghapusnya, atau dapat dengan klik kanan pada Recycle Bin> Empty Recycle Bin. Selesai. 
  • Kini laptop atau komputer yang sudah dibersihkan terasa lebih ringan peformanya daripada sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengubah PPT Menjadi Video dengan Suara Sendiri

2. Menggunakan Disk Cleanup (Bawaan Windows)

Disk Cleanup yakni salah satu fitur software yang sudah tersedia bawaan Windows, adapun fungsinya yaitu dapat membersihkan file sampah seperti cache, temporary, file sampah yang terdapat di Recycle Bin dan lain sebagainya. Langsung saja cara membersihkan file sampah di laptop menggunakan Disk Cleanup, sebagai berikut:

  • Jalankan Disk Cleanup, caranya klik “Start” >> “All Programs” >> “Accessories” >> “System Tools” >> “Disk Cleanup”.
  • Nanti akan muncul tampilan Disk Cleanup dengan beberapa Drive, kemudian pilih Drive C dan klik Ok. Tunggu hingga prosesnya sampai selesai.
  • Setelah itu pilihan yang ingin dihapus dengan mencentangnya, lalu tekan Ok untuk membersihkan.
  • Jika muncul pertanyaan seperti tulisan berikut “Are you sure you want to permanently delete these files?” maka klik saja pada menu “Delete Files”.
  • Selesai, sampah laptop sudah dibersihkan dan terasa enak digunakan.


Cara Membersihkan File Sampah di Komputer Dengan Aplikasi

3. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Aplikasi CCleaner termasuk paling banyak penggunanya, karena sangat ampuh untuk membersihkan file sampah laptop atau komputer. Dengan menikmati banyak fitur pilihan yang sudah tersedia dijamin penyimpanan dapat lebih longgar lagi. Dapat membersihkan cache dan cookie browser, sampai menemukan file duplikat di harddisk pun bisa. Adapun cara membersihkan file sampah di laptop / komputer dengan CCleaner sebagai berikut:

  • Jika belum mempunyai download terlebih dahulu dan install aplikasi CCleaner di Windows
  • Kemudian jalankan dengan membuka aplikasinya.
  • Pilih dengan cara centang pada bagian-bagian yang ingin dibersihkan.
  • Setelah itu klik tombol “Analyze” agar proses analisis berjalan.
  • Jika sudah melakukan analisis, selanjutnya klik tombol “Run” agar aplikasi Cleaner menghapusnya.
  • Selesai.

Kesimpulan

Nah sangat mudah bukan! membersihkan file sampah laptop, dengan begitu laptop atau komputer yang dibersihkan dijamin ringan seperti semula terbebas dari sampah. Disarankan melakukan secara rutin membersihkan sampahnya minimal seminggu karena tidak tahu kalau banyak file yang sudah tertimbun di laptop. Khawatirnya menjadi lemot hingga menyebabkan error.

Penutup

Demikian dari tutorial cara membersihkan fle sampah laptop/komputer, dengan cara menggunakan software bawaan dari windows atau menggunakan software tambahan seperti dijelaskan diatas. Anda dapat menikmati artikel menarik lainnya di Selowtekno semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan terimakasih.