Beranda
Aplikasi
Pengenalan Aplikasi Sister Apa Itu dan Manfaatnya
Aan Trias Aan Trias
Maret 03, 2021

Pengenalan Aplikasi Sister Apa Itu dan Manfaatnya

Aplikasi Siter Apa Itu dan Manfaatnya
Aplikasi Siter Apa Itu dan Manfaatnya


Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti meluncurkan aplikasi baru yang disebut aplikasi Sister. Perguruan Tinggi dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi portal.

Sedangkan aplikasi SISTER adalah singkatan, yang kepanjangannya yakni Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi yang digunakan untuk layanan pendidikan.

Baca juga: Download dan Cara Install Mendeley di PC/Laptop

Layanan yang dapat diperoleh dalam aplikasi SISTER adalah data dan informasi tentang pendidik seperti portofolio, perubahan data dosen dan semua proses lain yang memang terkait dengan karier dosen.

Dengan penerbitan surat Nomor 649 / D1 Tahun 2018 tanggal 23 Februari 2018 yang berisi implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Terpadu (SISTER) oleh Direktorat Jenderal Sumber Ilmu  Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, akan membuat aplikasi ini dapat lebih berguna. Dengan begitu untuk membantu pendidik dan pengajar dari semua perguruan tinggi yang dapat dipertanggungjawabkan keaslian semua data diri mereka yang di dalam sistem aplikasi SISTER.

Baca juga: Cara Membuat Power Point di HP Android Untuk Pemula

Fungsi Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Manfaat Aplikasi Sister untuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Jumlah tenaga pengajar di Indonesia, yang dicatat adalah 271.280 dosen yang pasti akan membuatnya sulit untuk mengingat data dan informasi dari setiap dosen yang tidak dikelola atau dalam sistem yang dapat diakses dengan rapi. Aplikasi SISTER hadir dan dibuat sehingga potensi setiap personil pengajaran dapat dalam data yang disusun.

Mengingat para pendidik di Perguruan Tinggi di Indonesia sejumlah 271.280 dosen, yang pasti akan menyulitkan jika data yang dimiliki oleh setiap dosen tidak dikelola dan diatur ke dalam sistem yang dapat diakses.

Oleh karena itu, dengan hadirnya SISTER sehingga potensi yang dimiliki oleh dosen dapat dikelola dengan benar. Maka dar itu membuat tujuan dan fungsi SISTER untuk membantu meningkatkan kualitas data dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi SDM dan ristekdikti. Semua ini dalam konteks membuat kebijakan untuk pengembangan SDM yang relevan, andal dan akurat.

Selain itu, aplikasi SISTER juga dapat berfungsi untuk mengintegrasikan semua layanan karir serta kompetensi SDM di Kemristekdikti. Dengan demikian akan mungkin bagi pemangku kepentingan dan pemegang minat untuk menerima kepastian yang baik dalam hamba karir staf pengajar.

Baca juga: 15 Rekomendasi Download Aplikasi Google yang Bermanfaat

Penyedia Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Manfaat Aplikasi SISTER untuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Merekam beberapa kampus dan perguruan tinggi yang telah menggunakan aplikasi SISTER untuk dosen mereka. Selain itu, mereka yang ingin menggunakan aplikasi SISTER ini juga dapat menyimpannya dengan fasilitas dan dukungan dari penyedia web hosting Indonesia, IDCloudhost. Di sini, untuk dapat mendukung fasilitas menggunakan dukungan server VPS.

Setidaknya, hingga Maret 2018 mencatat 613 Perguruan Tinggi yang telah menginstal aplikasi SISTER dan akan terus tumbuh setiap tahun. Sejak mulai bulan Juli 2018, layanan SISTER akan digunakan pada sistem untuk membantu meningkatkan dosen untuk kepala dosen. Oleh karena itu diharapkan setiap dosen yang bekerja di semua Perguruan Tinggi di Indonesia dapat mengisi data dan informasi mereka.

Layanan Server Sister dari IDCloudhost

Ada sesuatu yang menarik tentang IDCloudhost di mana pengguna dapat menggunakan aplikasi SISTER dari Kemenristekdikti dengan mudah, proses instalasi dapat bekerja dengan cepat dengan memanfaatkan fitur katalog aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi SISTER dengan hanya satu klik pada layanan private cloud.

Baca juga: Tips Trik Bermain PES

Layanan Private Cloud IDCloudHost adalah layanan cloud dengan penuh pertama di Indonesia, yang memudahkan Anda untuk meluncurkan server cloud lengkap dan dapat ditingkatkan bersama dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang didukung, praktis dan kompatibel dengan harga terjangkau dengan bantuan tim teknis yang berpengalaman.

Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.