Beranda
News
Tutorial
Cara Membuat Google Form yang Menarik dan Sangat Praktis
Aan Trias Aan Trias
Februari 03, 2023

Cara Membuat Google Form yang Menarik dan Sangat Praktis


logo_google_formulir
Google Form

Cara Membuat Google Form yang Menarik dan Sangat Praktis - Dalam pembuatan form online sangat mudah tentunya sangat kamu bisa kuasai. Pembuatan form yang paling banyak digunakan yaitu Google Form. Sebelum membahas lebih dalam terlebih dahulu mengenal apa itu yang disebut Google Form. Simak berikut ini.




Google Form adalah pembuatan formulir atau membuat pertanyaan berupa kuisoner dan lain sebagainya, tentunya Google Form dari inovasi Google Docs yang dapat diakses secara online melalui Google. Google Form atau bisa disebut Google Formulir merupakan sebagai alat bantu yang dapat membantu kamu dalam mengirim survei, membuat kuis terhadap siswa atau orang lain, dan mengumpulkan informasi dengan mudah dan lebih efisien.


Apakah dalam pembuatan Google Form berbayar? Pastinya gratis tidak dipungut biaya sepeser pun dalam pembuatan Google Form. Maka dari itu kamu apa tidak tertarik dalam pembuatan form online mudah dan yang pastinya gratis pula. Bagi kamu yang tertarik dan ingin lebih tahu tentang Google Form bisa membacanya dengan ditemani cemilan dan segelas kopi yang terasa nikmat, dibawa santai.

cara-membuat-google-formulir-yang-mudah-dan-sangat-praktis


Kelebihan dan keunggulan Google Form


Selanjutnya apa kelebihan dari Google Form, adapun kelebihannya yang perlu kamu ketahui dari Google form adalah sebagai berikut.

1. Pengelolaan Google Form yang ringan dan mudah

Dalam mengelola Google Formulir saya pikir itu sangat ringan cocok untuk siapa saja dari remaja hingga dewasa karena pengoperasian yang mudah. Dalam pembuatan yang mudah tidak membutuhkan waktu lama, cepat dalam pengeditannya dan hasil akhirnya tidak terlalu berukuran besar. Mungkin sangat mudah bahkan mahir bagi kamu yang tiap harinya menggunakan Google Form ini hehe.


2. Pilihan Tema Google Form yang Sangat Mendukung

Tema yang tealah di sediakan cukup memuaskan, banyak yang menarik dan ini adalah salah satu kelebihan dari Google form tersendiri. Tampilan menarik tidak cepat membuat para pengguna merasa bosan ketika membuat entah kuis untuk siswanya biar lebih tertarik, karena siswa sendiri jika ada yang baru apalagi menarik dia pasti suka, disinilah nilai plusnya. Atau dalam pembuatan formulir lainnya unruk mengumpulkan informasi. Apalagi seperti masa sekarang dapat dibuat menjadi pengumpulan informasi untuk menerima pendaftaran siswa hingga mahasiswa atau yang lainnya juga. Lebih efisien tidak perlu dating ketempat lokasi.


3. Link Google Form Url Bisa di Bagikan

Dengan adanya link url yang bisa di bagikan ke siapapun bisa mengaksesnya dengan secara online dimana pun dan kapan pun itu berada, dapat mengaksesnya dan lagi-lagi lebih efisien hehe.


4. Mendukung Fitur SpreadSheets

Dengan adanya fitur Spreadsheets memiliki perhitungan kelebihan bentuk karena bisa menentukan hasil dari kuis atau formulir yang telah dijawab oleh responden yang kita bagikan. Dengan spreadsheet dalam Formulir Google form menyoroti secara rinci respon telah dikirim dan ketika formulir dan kita dapat menemukan bentuk tanggal dikirim.

5. Link Bisa Jadi Pendek di Google Form 

Selanjutnya kelebihan kelebihan Google Form yakni dapat memper pendek url dengan fitur yang sudah tersedia di menu pengeditan URL, yang awalnya url nya panjang dan dengan menu tersebut dapat di perpendek biar nantinya mudah dalam pembagian link Url dilihat juga enak.

6. Menu Kuis di Google Form

Fitur kali ini mungkin langka sekali di penyedia form yang lainnya karena dengan adanya fitur pilihan menu yang dapat dijadikan kuis, kamu lebih luasa dengan banyaknya pilihan menu sehingga dapat berbagi pertanyaan hingga tanya jawab, soal essai pendek maupun yang isinya panjang, disertai juga pilihan ganda. Dengan begitu memudahkan para pendidik salah satunya dalam pembuatan soal online kepada peserta didiknya.


Kamu jika sudah membaca tulisan yang diatas pastinya kamu sudah mengetahui apa itu Google Form dari pengertian hingga kelebihan dan keunggulannya. Selanjutnya yakni yang ditunggu-tunggu adalah dalam pembuatannya. Bagaimana cara membuat Google Form? Yuk langsung saja ke tutorialnya diabawah ini. 


Cara Membuat Google Form yang Menarik

Berikut cara membuat Google Form yang menurut saya paling mudah:
  1. Pergi ke alamat linknya Google Form terlebih dahulu forms.google.com, lalu pilih Blank atau pilih template yang kamu suka.
  2. Dari drive.google.com, kemudian klik “New” lalu lainnya. Terdapat di samping Google Form kemudian arahkan ke panah kanan dan klik “Blank form or From a teamplate”.
  3. Kamu bisa memberi n ama pada formulirnya dengan cara klik “Untitled form” yang terdapat di pojok kiri atas.
  4. Tambahkan deskripsi yang terdapat di bawah nama form, lalu tambahkan teks.
  5. Bisa di ubah pada bagian warna latar belakang atau tema.



Forms Editor sangat mudah dipelajari. Formulir kamu akan mengisi bagian tengah layar, dengan ruang untuk judul dan deskripsi diikuti dengan bentuk bidang. Klik bentuk bidang untuk mengedit dan menambahkan pertanyaan.


Untuk cara membuat soal di google form:
Bisa menggunakan menu kotak dropdown yang terdapat di bagian sebelah lapangan untuk memilih jenis bidang misalnya seperti pertanyaan pilihan ganda, kotak yang dapat di centang, essai singkat dan panjang, dan lain sebagainya.


Kamu bisa dapati banyak pilihan opsi yang terdapat di Google Form, dengan toolbar yang berada di posisi sebelah kanan dengan begitu kamu bisa memanfaatkannya.

Kesimpulan

Google Form adalah suatu alat bantu yang dapat mempermudah dalam pembuatan formulir. Google Form adalah inovasi dari Google Docs, yang dibuat dari pihak Google. Adapun Google Form memiliki keunggulannya diantaranya; pengelolaan yang ringan dan mudah, pilihan tema yang sangat mendukung, link url bisa dibagikan, mendukung fitur SpreadSheets, link bisa jadi pendek, banyak pilihan menu kuis. Dengan adanya banayak menu kamu akan lebih leluasa. Dengan begitu Google Form dapat diakses secara gratis. Terimakasih.

Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

1 komentar

  1. Jonter Siregar, S.Pd
    Jonter Siregar, S.Pd
    28 September 2020 pukul 21.38
    Wah mantap gan.
    Infonya menarik, apalagi utk para guru pada pembelajaran daring.
Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.