Aan Trias

Bagaimana Internet Dapat Mengubah Kehidupan Manusia?

Bagaimana Internet Dapat Mengubah Kehidupan Manusia?

NewsTeknologi informasi membawa banyak perubahan dalam masyarakat, baik itu secara dasar maupun sampai dengan mendorong perubahan era. Dalam dunia ini, jaringan informasi global adalah sebuah infrastruktur yang sangat penting, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal ini dapat mengubah hubungan antarmanusia? Jawabannya adalah internet dapat mengubah bisnis, pendidikan, pemerintahan, bahkan sampai dengan cara kita berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, dapat dikatakan Internet sudah menjadi salah satu pendorong utama evolusi sosial.

Terutama, perubahan yang terjadi dalam komunikasi sosial merupakan hal yang sangat penting. Walaupun berbagai alat analog masih digunakan dalam beberapa sektor, namun teknologi baru pun terus berkembang setiap harinya, hal ini yang mengubah praktik komunikasi kita terutama di kalangan pemuda. 

Dengan kata lain, internet sudah berhasil menghilangkan semua hambatan komunikasi. Contohnya, hadirnya media sosial menjadikan batasan konvensional ruang dan waktu menghilang dan juga kemungkinan komunikatif yang memusingkan. Maka itu, ternyata impact dengan kita menerapkan media sosial akhirnya memicu tentang demokrasi komunikasi baru.

Saat ini, sebagian besar perkembangan internet dibentuk oleh komunikasi seluler instan. Internet seluler ini merupakan sebuah revolusi baru. Konektivitas internet yang komprehensif melalui smartphone dan tablet mengarah pada realitas seluler yang semakin meningkat.


Internet, Budaya, dan Hubungan Pribadi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan juga pengaruh globalisasi yang semakin meluas telah mengubah diri kita dan juga makna identitas budaya yang kita miliki. Dunia ini adalah dunia yang kompleks di mana aliran budaya melintasi perbatasan selalu meningkat. Konsep ruang, waktu dan jarak juga kehilangan makna konvensionalnya. Maka itu, mengenali globalisasi yang mengarah ke budaya sudah mengarah ke arah yang sama dan dengan adanya gerakan global dari proses yang dijalankan dan juga terdapat inisiatif yang berhubungan dengan budaya dan sampai saat ini masih tetap berlangsung.

Selain itu, Internet juga telah mengubah cara kita berinteraksi dengan keluarga, teman, bahkan dengan pasangan hidup kita sendiri. Sekarang ini setiap orang dapat terhubung dengan orang lain dengan cara yang lebih sederhana, lebih mudah diakses, dan lebih cepat; kita dapat melakukan sebagian dari hubungan pribadi kita menggunakan laptop, ponsel pintar, dan juga tablet kita.

Bagaimana Kalau Internet Tidak Pernah Ditemukan?

Bagaimana Kalau Internet Tidak Pernah Ditemukan?


● Melambatnya proses informasi dan komunikasi. 

Kamu harus tahu, internet merupakan sebuah jaringan yang tentunya bisa kita akses lebih cepat dan terhubung dengan orang lain agar  dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi secara mudah. Maka apabila kita tidak dapat terkoneksi dengan internet maka proses informasi dan komunikasi akan kembali memakan waktu yang lebih lama.

● Kembalinya ke kehidupan tanpa media sosial. 

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan media sosial? Semua orang, bahkan semua kalangan bisa dibilang mempunyai akun media sosial baik untuk sekedar update status ataupun memperlihatkan kehidupan sehari-hari. Bahkan, tidak sedikit yang menjadi terkenal dengan adanya media sosial. Maka, dapat disimpulkan bahwa hidup tanpa internet berarti hidup tanpa media sosial.

● Berbagai aspek kehidupan mengalami kemunduran. 

Program-program pemerintah yang dilakukan saat ini untuk kemaslahatan masyarakat mengumpulkan kecanggihan teknologi salah satunya internet, dimana beberapa program tersebut yaitu,  UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), pelayanan pasien di berbagai layanan rumah sakit, pelayanan yang mengurusi paspor, tempat pemesanan tiket kereta api, maupun tempat pendaftaran SIM online.

● Tidak bisa berjualan online. 

Saat ini, banyak barang-barang yang diperjualbelikan secara online. Hal ini terjadi dikarenakan murahnya pemasaran di dunia maya dan barang yang di jual bisa dipasarkan di luar area si penjual. Namun, tanpa adanya internet, maka harus memasarkan dagangan secara langsung, sehingga bukan saja dari sisi modal lebih besar karena harus mempunyai atau menyewa toko juga akan kurang efektif dan efisien.

● Terjadi krisis ekonomi global. 

Dengan semakin berkembangnya teknologi dari zaman ke zaman dan yang semakin modern, internet kita juga berpengaruh terhadap aktivitas perbankan online dan juga kartu kredit. Lain dari itu, tiadanya internet juga dapat buat kebangkrutan pada beberapa sektor bisnis khususnya bank karena kesulitan mengakses informasi mengenai keuangan serta database nasabah. Pada level yang menyebabkan bunyi tanda bahaya, dikhawatirkan ketika nantinya hilangnya internet dapat menyebabkan krisis ekonomi yang semakin global. Maka itu, menjadikan hampir seluruh sistem perekonomian dunia pasti nanti bergantung pada internet.

Maka dari itu, manfaatkan jaringan internet yang dapat kita gunakan saat ini. Dan yang perlu kamu tahu juga, Telkom juga mempunyai layanan interkoneksi yang bisa menyediakan akses yang lebih spesifik ke CDN (Content Delivery Network) dan peering sehingga kamu bisa memiliki partnership dengan komunitas di Telkom. Ketahui tentang SCC (Specific Content Connectivity) disini. Dapatkan layanan berbagi data, gambar, bahkan video dengan kecepatan cepat yang konstan yang dapat membantu kamu dalam menjalankan kehidupan kamu.