Cara Mendaftar dan Mendapatkan Domain Desa.id

Aan Trias
September 10, 2021

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Domain Desa.id
sumber: Pusko Media Indonesia


Cara Mendaftar dan Mendapatkan Domain Desa.id - Nama domain sangat penting, karena sangat berpengaruh pada identitas website Anda. Pengunjung akan lebih mudah dalam  menemukan situs tersebut dengan nama domain yang sudah menunjukkan identitasnya. Dengan begitu kalau memilih nama domain jangan asal-asalan, dikarenakan pengunjung akan sulit untuk mengingat nama situsnya.

Pada pembahasan artikel kali tentang domain desa.id yang dimana domain ini dibuat untuk website desa. Kominfo telah mengeluarkan SK Menteri No 23 tahun 2013 yang mengatur kebijakan penggunaan nama domain internet di Indonesia. Adapun tulisan yang dijadikan panduan bagi para Pemerintah Desa untuk menggunakan domain desa.id sebagai berikut.

  1. Desa.id merupakan hasil perjuangan orang desa agar memiliki identitas sendiri di internet. Dengan usaha tersebut kini membuahkan hasil nama domain pertama yang berbahasa Indonesia.
  2. Mudah di ingat dan dipahami, Sudah jelas dengan menggunakan domain .desa.id kini lebih memahamkan orang, bahkan mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya jika menemukan domain .desa.id pastinya sudah mengenali kalau ini domain milik desa. Dengan nama domain yang ini menjadi lebih pendek dari namadesa.namakecamatan.namakabupaten.go.id yang selama ini sudah digunakan oleh banyak pemerintahan desa.
  3. Domain resmi, domain .desa.id merupakan domain ekslusif yang artinya tidak sembarangan dalam mendaftar dan memiliki domain tersebut. Yang dapat memiliki hanya pemerintahan desa yang sah saja dan memiliki dokumen persyaratan yang bisa mendaftarkannya. Artinya informasi yang terdapat di dalam website terjamin akan kebenaran dan pertanggungjawabannya.
  4. Media Promosi Desa, website desa menggunakan domain .desa.id akan lebih memudahkan Pemerintah Desa dalam mempromosikan potensi yang ada di desa. 
  5.  Publikasi Kegiatan Desa, domain desa.id dalam website desa dapat diintegrasikan dengan berbagai media sosial. Tentu saja ini akan memudahkan bagi Pemerintah Desa untuk memuat publikasi seperti transparansi, laporan kegiatan, dan pengumuman kepada warganya.
  6. Memudahkan pelayanan desa untuk warga. Keberadaan website desa akan mempermudah warga desa untuk mendapatkan pelayanan. Pemerintah Desa dapat melakukan pelayanan secara cepat dan prima kepada warga.
  7. Mudah didaftarkan. Pendaftaran domain DESA.ID sangat mudah untuk didaftarkan. Hanya dengan beberapa dokumen yang disediakan, Anda bisa mendapatkan domain tersebut. 

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Domain Desa.id

Adapun cara mendaftar dan mendapatkan domain desa.id simak sebagai berikut.

  1. Mendaftar akun di https://layanan.kominfo.go.id/
  2. Membuat email mail.go.id di https://layanan.kominfo.go.id/bpm/services
  3. Verifikasi akun mail.go.id di https://layanan.kominfo.go.id/account/user/verification
  4. Membuat permohonan domain desa.id di https://layanan.kominfo.go.id/bpm/services
  5. Konfirmasi akun domain desa.id https://layanan.kominfo.go.id/bpm/todo
  6. Mengubah nameserver domain desa.id sesuai dengan hosting yang digunakan.
  7. Selesai
Selanjutnya persyarat pendaftaran email mail.go.id dan domain desa.id
  • SK Pengangkatan Kades,
  • SK Kades tentang Pengangkatan Perangkat Desa (yang ditunjuk sebagai Admin)
  • Surat Permohonan dan surat Kuasa kepada Perangkat Desa Contoh Surat,
  • KTP Perangkat desa yang mendaftar (yang ditunjuk sebagai Admin).

Lamanya pendaftaran domain tergantung dengan kementrian kominfo, karena pendaftaran perlu dicek secara manual untuk memastikan keaslian dokumen. Biasanya akan selesai dalam 2-3 minggu.

Setelah aktif domain Anda langkah selanjutnya yakni menghubungkan ke hosting tempat penyimpananya. Dapat menggunakan hosting pihak mana saja yang terpenting terdapat di Indonesia. Karena database sangat penting dalam keamanannya tidak sembarang pihak dapat memilikinya.