Beranda
News
Tutorial
Cara Mengatasi Laptop Lemot, Tips Cara Merawatnya
Aan Trias Aan Trias
Juni 12, 2020

Cara Mengatasi Laptop Lemot, Tips Cara Merawatnya

Merawat laptop
Merawat Laptop


Laptop lemot pasti sering kita jumpai, apalagi yang biasanya menggunakan laptop maupun komputer juga. Pasti sangat kesal, menjumpai pekerjaan kita terkendala dengan lemotnya laptop. Tapi jangan khawatir dengan semua itu, sekarang teknologi semakin canggih. Seiring zaman, untuk mencukupi kebutuhan manusia. Yang awalnya PC yang menciut menjadi Laptop memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

Laptop sekarang banyak digunakan orang, malahan laptop di era sekarang ini tidak lagi barang mewah. Laptop juga bervariasi dari yang standar sampai ke premium bisa dibilang yang “wah” speknya  itu lebih tinggi. Namun sedemikian pula seiringnya waktu munculah beberapa masalah pada laptop tersebut. Walaupun spesifikasinya bagus tetap saja yang namanya kebawa umur tetap saja bisa rusak. Seperti lemotnya laptop itu, anda harus mengetahui penyebab yang menjadikan laptop lemot. Sebagai berikut akan mengulas penyebab dan cara mengatasinya:

Uninstall aplikasi
Aplikasi yang tidak terpakai atau yang tidak sering digunakan mungkin bisa di uninstall. Nantinya penyimpanan Drive “C” tidak penuh. Jika penuh itu efeknya lemot. Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Kamu bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan download file dari website tertentu, atau pada saat melakukan install.



Bersihkan Dekstop
Menaruh aplikasi banyak di desktop juga bikin lemot, karena itu penyimpanannya di Drive “C” jaga. Yang sering dipakai saja di taruh di desktop seperlunya.



Gunakan Aplikasi seperlunya
Menggunakan aplikasi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Kita sesuaikan dengan Kapasitas RAM yang ada tidak terlalu besar tidak berlebihan seperlunya saja. Semisal ketika main game bersamaan memutar music, itukan mempengaruhi  RAM juga. Padahal bermain game aja ukurannya sudah besar terus ketambahan music malahan tambah lemotkan.

Rajin Scanning Virus
Scanning virus juga merupakan salah satu hal sangat penting dan juga wajib. Karena beberapa virus dapat menyebabkan memory RAM menjadi semakin sempit. Sehingga dapat menimbulkan laptop menjadi lemot. Maka dari itu antivirus sangatlah penting untuk membantu menjaga performa dari laptop itu sendiri.

Penambahan RAM
Mungkin laptop kalian sudah lama, untuk mengikuti zaman yang semakin canggih ini. Membutuhkan peforma yang cukup tinggi untuk mengimbanginya. Maka bisa di upgrade dengan menambahkan RAM. Karena RAM menjadi lalu lintas program aplikasi. Diperlukan ruang cukup agar bisa lebih cepat kinerjanya.

Pembersih Drive C dan Uninstal Aplikasi Besar
Dalam drive C biasanya menumpuk sampah-sampah yang tak guna. Karena tambahnya usia performa dari suatu laptop. Maka perlu juga Uninstal dari program dan juga aplikasi yang memberatkan kinerja laptop.

Pembersihan Bagian Hardwarenya 

Bersihkan Bagian Dalam Laptop
Melakukan pembersihan bagian dalam laptop jika sudah 3 tahunan wajarlah. Bisa saja kemasukan berbagai macam jenis debu dan juga materi halus lainnya. Yang juga mendapat laptop menjadi cepat panas dan akhirnya menjadi lemot, itu perlu dilakaukan pembersihan pada laptop.

Memakai Thermal Paste
Thermal Paste adalah pasta yang digunakan pada processor dengan cara dioleskan, manfaat dari menggunakan thermal paste ini yaitu dapat membantu mendinginkan processor agar tetap terjaga suhunya dan nantinya biar tidak mengakibatkan processor menjadi terlalu panas, itu salah satu yang menyebabkan gejala laptop menjadi lemot.

Netbook cooler (kipas tambahan)
Ini tambahan bagi pengguna yang biasanya menggunakan laptop dengan waktu lama, bisa menggunakan kipas tambahan ini manfaatnya yang sangat baik untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Suhu yang terlalu panas biasanya meningkatkan laptop menjadi lemot.

Demikian penjelasannya, mungkin sudah cukup membahas tentang artikel cara mengatasi  laptop biar tidak lemot. Itulah beberapa cara agar laptop tidak lemot semoga dapat menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi anda semua. Terima Kasih.


Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

1 komentar

  1. Mimin Asoy
    Mimin Asoy
    1 September 2019 pukul 09.31
    Terimakasih gan informasinya dan saya terapkan pada laptop saya dan sekarang tidak lemot lagi
Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.