Beranda
News
Tutorial
Cara Mengatasi Keyboard Komputer Laptop Mencet Terus
Aan Trias Aan Trias
Maret 23, 2021

Cara Mengatasi Keyboard Komputer Laptop Mencet Terus

Keyboard
Ketika kita sedang dikejar deadline pekerjaan mengetik biasanya itu pekerja kantoran, mahasiswa dan lain sebagainya. Pekerjaan itu semua tidak jauh dari komputer maupun laptop dan komponen yang termasuk paling penting adalah di keyboard, sedangkan pada keyboard ada  bagian keyboard yang tidak berfungsi. Saat pekerjaan kita terhamabat oleh sesuatu maka  timbulah rasa kesal kita. Pastinya masalah ini akan menghambat pekerjaan Anda dan cukup membuat lelah.


Maka dari itu, sahabat selow akan memberitahu Anda  bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.Tetap tenang kuasai dan kalem.
Keyboard memiliki peran penting yaitu menjadi salah satu Hardware. Bagian laptop yang rentan rusak yaitu biasanya pada keyboard karena sering digunakan. Ada beberapa penyebab tombol keyboard tidak berfungsi.


Mengutip dari Ubergizmo, "apabila ada tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi/rusak, mungkin karena terdapat ada masalah pada software atau hardware". Pada artikel ini, akan membahas bagaimana cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi.

1. Rajin Membersihkan Keyboard dari Debu

Jika Anda menemukan satu  atau beberapa tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi, sementara tombol yang lainnya baik-baik saja, ada kemungkinan keyboard tersumbat oleh debu yang menumpuk.

Cara mengatasi keyboard tersumbat seperti itu dengan membersihkan debu secara efektif yaitu dengan memiringkan keyboard, jika menggunkan laptop, sekalian laptopnya di miringkan kurang lebih pada sudut 75 derajat, setelah itu goyangkan laptop, mungkin juga bisa di semprot dengan menggunakan compressor biar keluar semua debunya. Sebelum itu, Anda harus yang menggunakan laptop memastikan jika laptop sudah dinonaktifkan. Dengan begitu Anda bisa memiringkan hingga sudut 90 derajat jika diperlukan.

Setelah itu, bersihkan bagian bawah dan atas keyboard dengan selotip. Lalu periksa semua tombol, apakah sudah normal seperti semula.

2. Restart Komputer atau Laptop

Jika semua yang Anda lakukan sia-sia tidak ada efeknya, mungkin yang error itu bukan pada fisiknya tetapi pada software drivernya. juga karena menggunkannya terlalu lama juga sampai mengakibatkan panas itu bisa di restart. Selanjutnya coba restart laptop maupun komputernya, ada kemungkinan keyboard bisa kembali seperti semula. Anda bisa melakukannya dari menu Start, dan juga bisa menekan tombol power selama 5 detik atau paling lama 15 detik maka laptop akan restart dengan sendirinya. Dengan melakukan restart mungkin bisa memecahkan masalah, jika tidak. Anda bisa mencoba langkah selanjutnya.

3. Restore Windows

Disini restore windows cobalah ketika ada masalah keyboard laptop tiba-tiba berhenti bekerja setelah melakukan install setiap aplikasi baru atau mengubah pengaturan, cobalah melakukan cara ini. Mungkin bisa mengatasi masalah yang sulit anda perbaiki. Untuk memulihkan sistem, Anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Klik menu 'Start' pada desktop bagian kiri bawah, lalu klik 'Control Panel'.
  • Anda pilih menu 'System and Security' lalu pilih Back up your komputer'.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda klik 'Recover system settings or your komputer'.
  • Langkah terakhir Anda klik 'Open System Restore'.

Restore windows
Setelah tahapan tersebut selesai, Anda cukup mengikuti Wizard sederhana untuk melakukan restore Windows. Laptop akan melakukan reboot. Jika yang terkena  itu sistemnya maka seharusnya sudah bisa teratasi, sudah bisa digunakan kembali dengan normal.

4. Restore pada system

Setelah tahapan tersebut selesai, Anda cukup mengikuti Wizard sederhana untuk melakukan restore Windows. Laptop akan melakukan reboot. Jika yang terkena  itu sistemnya maka seharusnya sudah bisa teratasi, sudah bisa digunakan kembali dengan normal.

5. Melakukan perbaikan Driver Keyboard

Pada pembahasan driver ini mungkin biasanya tidak terlalu diperhatikan, padahal sangat penting guna menjalankan sistem.

Anda dapat memeriksa dan memastikan apakah driver Keyboard bekerja dengan baik, berikut ini cara memeriksanya:

  • Silahkan klik menu 'Start' > pilih 'Control Panel'
  • Pada menu 'Control Panel' > 'System and Security >Hadware and sound' > 'Device manager'

Hadware and Sound
Pada Device Manager, Anda akan menemukan driver untuk semua hardware yang ada di dalam laptop.
Dalam menu driver dibawah ini pilih 'keyboard '.

Tampilan Devise manager
Jika terdapat segitiga kuning dengan tanda seru yang ada didalamnya, itu berarti ada masalah. Ada baiknya Anda update Driver Keyboard. Anda bisa mengunduhnya di website resmi produsen laptop tersebut. Kemudian Anda cari Driver Keyboard terbaru yang sesuai dengan perangkat, lalu unduh dan install.

Cara Alternatif yang Bisa Dilakukan

Bawa ke Service Center jika Menggunakan Laptop

Jika cara sebelumnya masih belum bisa, kemungkinan besar itu karena masalah Hardware. Sebaiknya Anda periksakan laptop Anda ke service center terpercaya. Biasanya terdapat masalah pada kawat kecil, seperti kabel pita yang putus, jika itu masalahnya maka dapat dengan mudah diperbaiki. Jika ternyata masalahnya lebih besar dan biaya perbaikannya mahal. Maka, Anda harus berpikir untuk memperbaiki atau membeli perangkat baru.

Jika keyboard laptop Anda rusak, sedangkan lima cara di atas tidak efektif, Anda dapat menggunakan keyboard USB eksternal untuk mengetik. Jika yang rusak keyboard komputer Anda, beli baru saja lagi untuk mengetik.

Keyboard Virtual
Terdapat keyboard eksternal dengan desain yang menarik dan berfariasi, meskipun Anda menggunakannya dengan sedikit repot. Selain itu jika dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakannya. 
Keyboard virtual
Caranya pertama klik pada Start Menu, selanjutnya pilih All Programs, pilih lagi Accessories, setelah itu Ease of Access, dan terakhir pilih On-Screen Keyboard. Saya kira cukup sekian. Demikian penjelasannya, semoga artikel Cara Mengatasi Keyboard Komputer Laptop Mencet Terus, bisa bermanfaat untuk sahabat selow semua, dan jika ada pertanyaan seputar keyboard error, silakan tulis dikomentar ya. Salam selow.

Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.