3 Langkah Tepat Memperbaiki Flashdisk Terkena Air


Flashdisk adalah alat penyimpan data yang mudah dibawa kemana-mana. Karena bentuknya yang kecil maka tak heran kalau sering lupa diletakn entah dimana, mungkin di saku celana atau baju. Kalau sudah lupa maka tidak tau didalam saku pakaian ada flashdisknya pada saat dicuci. Terkadang, saat pakaian sudah terendam dan tercuci baru tau kalau ada flashdisknya.

Waduh, jadi bagaimana kalau flashdisk sudah terkena air atau terendam air? Apakah flashdiskyang terjatuh ke dalam air bisa diperbaiki? 

Jawabannya bisa, walaupun Flasdisknya rusak karena terkena air, tak terlalu rumit untuk memperbaikinya.

Bahkan, ada kemungkinan bukan hanya flashdisk Anda yang kembali terbaca tetapi juga data di dalam flashdisk tersebut ada kemungkinan masih bisa diselamatkan. Maka jangan panik tetap tenang, selow, santai saja.


Pasti anda panik ketika flasdisk anda terkena air atu ikut kecuci pakaian, apalagi kalau ada file atau data penting yang disimpan di flasdisk. Anda nggak perlu panik santai, selow, tetap tenang untuk mengatasi flashdisk Anda yang tercuci karena tidak tahu di dalam saku celana ternyata ada flashdisknya. Tidak perlu khawatir akan hal ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:
 

1. Keringkan dahulu.
Buka casing flashdisk Anda, lalu silahkan keringkan terlebih dahulu papan PCB/mainboardnya. 

Adabanyak cara untuk mengeringkan, salah satunya  mengeringkan dibawah terik sinar matahari, dan bisa pakai kipas blower, pengering rambut.

Flasdisk yang terkena air atau bahkan ikut terendam air, bisa diselamatkan dengan cara menjemurnya. Jika flasdisk Anda basah, segeralah jemur di terik matahari sampai kering. Dengan menggunakan cara ini agar meminimalisir kerusakan pada Flasdisk biar terhindar dari korslet. Langkah
  ini sebenarnya bisa dilakukan juga di perangkat elektornik lainnya. Misalnya, jika monitor Anda terkena air, Anda bisa mengeringkannya, atau paling tidak, Anda tidak menggunakan sampai benar-benar kering.

2. Pastikan flashdisk benar-benar kering.

Jangan hubungkan ke komputer terlebih dahulu selama flashdisk Anda dalam keadaan basah.
Tidak boleh mencolokannya ke komputer  karena jika dicolokan nantinya akan menyebabkan kerusakan arus listrik, agar tidak bertambah besar kerusakannya. Pastikan sampai benar-benar kering dahulu.


3. Untuk memastikan tidak ada air di flashdisk Anda. 
Sabar menunggu sampai kering, keringkan flasdisk Anda paling tidak selama 120 menit lebih atau sampai benar-benar kering.

 Setelah kering silahkan tes apakah terdeteksi di sistem operasi komputer atau tidak?
Anda bisa mencolokan flashdisk Anda di komputer. Setelah dicolokan ada tanda-tanda  atau hidup atau terdeteksi di sistem komputer. Jika terdeteksi silahkan di salin terlebih dahulu data atau filenya. Langkah backup data ini sangat penting dilakukan, karena jika sewaktu-waktu digunakan nanti terjadi ke eroran, maka saya saran di salin terlebih dahulu.
Saya ucapkan selamat jika Flasdisk anda dapat normal kembali bisa digunakan. Jika yang tidak bisa terdeteksi maka saya sarankan carilah yang baru.

Karena data penting Anda sudah terselamatkan, maka bersyukurlah sudah tidak tegang lagi hehe. 

Demikianlah langkah-langkah atau cara memperbaiki flashdisk yang terkena air. Mudah-mudahan dengan informasi cara memperbaiki flashdisk yang terkena air, solusi dari permasalahan flashdisk Anda  terselesaikan dengan baik. Anda pun tidak perlu repot-repot membeli flashdisk baru jika flashdisk Anda bisa terselamatkan. Sekian dan terima kasih salam sahabat Selow.





1 Response to "3 Langkah Tepat Memperbaiki Flashdisk Terkena Air"

Buat Film said...

Thanks gan infonya..jangan lupa mampir ke muramdan.blogspot.com

iklan satu (2)

Iklan satu

Domainesia

Iklan ketiga