Aan Trias

Apa yang Terjadi jika Tidak Update WhatsApp? Hati-hati Ada Celah Keamanan Berbahaya

Update Whatsapp


Aplikasi yang terdapat di smartphone kamu pastinya terdapat pembaharuan entah diwaktu dekat atau panjang. Adanya pembaharuan bertujuan untuk memperbaiki kelemahan yang ada dan menambah fitur-fitur baru dari versi aplikasi sebelumnya. Maka dari itu pembaharuan dalam versi terbaru ini dapat diwajibkan untuk keamanan dan kenyamanan pengguna. Dengan begitu para pengguna di segerakan untuk update aplikasi WhatsApp tersebut ketika terdapat versi terbarunya. Agar terhindar dari ancaman celah keamanan, apabila pengguna belum update ke versi terbaru.

Apa celah dari keamanan yang berbahaya tersebut?

Aplikasi versi lama untuk smartphone Android dan iOS sudah diumumkan dan peringatan dari pihak WhatsApp bahwa memiliki celah keamanan (bug) berbahaya. Adapun versi aplikasi WhatsApp 2.22.16.12. Baik untuk aplikasi WhatsApp Android dan iOS. Bagi pengguna aplikasi WhatsApp Business yang versinya lama kemungkinan juga terdapat bug serupa. 

Pihak WhatsApp mengatakan bahwa versi yang mendapati celah keamanaan berbahaya yakni terdapat dua kode yakni "CVE-2022-36934" dan "CVE-2022-27492". Adapun penjelasan dari kode tersebut yakni sebagai berikut:

Kode CVE-2022-36934

Kode ini memiliki tingkatan level berbahaya yang sudah berada di level atas (critical) deng nilai potensi keamanan 9,8 dari sakala 10. Dengan adanya celah kode tersebut kemungkinan peretas atau disebut hacker dapat mengirim kode berbahaya tersebut melalui video call di WhatsApp. Jika video call tersebut di terima maka kemungkinan yang akan terjadi dari hacker ini akan dapat mengontrol perangkat dari jarak jauh.

Kode CVE-2022-27492

Celah keamanan pada kode ini dengan nilai 7,8 dari skala 10. Nilai kode ini lebih rendah dari kode sebelumnya, akan tetapi kemungkinan peretasan kode-kode berbahaya dapat dilakukan melalui file video yang dikirimkan melalui WhatsApp. Apabila kalian menerima video dari orang tidak dikenal maka jaga-jaga terlebih dahulu jangan keburu membukanya, sehingga peretas akan dapat dengan mudah mengganggu dengan menaruh kode-kode didalam video tersebut.

WhatsApp kini telah memperbaiki dari kedua kode tersebut dari celah keamanan yang berbahaya, dengan aplikasi WhatsApp versi terbaru. Apabila kalian masih menggunakan aplikasai WhatsApp Android dan iOS maupun WhatsApp Business versi lama maka segera update dengan versi terbaru agar terhindar dari bug atau celah tersebut. 

Bagi kalian yang belum update entah kelupaan untuk update aplikasi WhatsApp atau tidak bisa, maka segeralah update aplikasi kalian melalui playstore bagi pengguna Android, dan Appstore bagi pengguna iOS. 

Apabila terkendala bagi kalian yang memori internal penuh maka sempatkan untuk membuang sampah atau file yang tidak dibutuhkan, agar dapat mengupdate aplikasi WhatsApp atau aplikasi lainnya yang dibutuhkan. 

Nikmati update berita seputar teknologi, review, tips trik, dan tutorial lainnya di website Selowtekno, terimakasih.

Sumber: Teknologi.id