Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Baru


Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang penyebab dan solusi baterai laptop cepat habis, sekarang akan membahas tentang cara mengatasi baterai laptop cepat habis ngedrop, atau juga padahal masih baru kok baterainya cepat habis. Biasanya sudah kemakan umur sudah lama gitu mungkin sudah lebih dari 3 tahunan, dan juga wajar laptop ada kerusakan misal seperti baterainya cepat habis atau boros. Tapi kali ini padahal laptop masih baru atau pernah dipakai nggak lama kok baterainya cepat habis, ini kan tidak wajar mungkin karena bawakan dari sananya kali ya.


Laptop yang baterainya ngedrop, nggak laptop saja alat elektronik lain yang juga pakai baterai dan cepat habis pasti menjengkelkan, menghambat pekerjaan kita. Jika digunakan tidak lama harus ngecharger lagi menunggu sampai full, padahal ngecharger biasanya full 2-3 jam itukan sangat lama dan juga menyita waktu kita. Laptop yang cepat habis baterainya tidak ada bedanya dengan komputer yang hanya duduk ditempat, tidak bisa dibawa kemana, walaupun dibawa kemana asja gitu harus cari tempat untuk mengisi daya baterai itu dari salah satu pengalaman saya yang menjengkelkan. Langsung saja tidak usah berbelit-belit saya tahu kalian sudah tidak tahan dengan masalah ini he… he… langsung saja kita membahas bagaimana cara mengatasi baterai laptop cepat habis.

>> Mengatur Daya
Balanced
Balanced
Mengatur daya laptop dahulu dari yang ringan. Salah satu cara untuk mengatasi baterai laptop cepat habis atau boros, yaitu dengan mensetting daya laptop anda. Cara mengatur daya baterai laptop.
> Pertama, anda cari Control Panel
> Kedua, pilih Hadware and Sound
> Ketiga, pilih Power Option
> Keempat, pilih Balanced

Jika tidak ada efeknya lakukan langkah selanjutnya

>> Hibernate & Low Battery Option
Kita ke langkah selanjutnya yaitu mensetting Hibernate & Low Battery Option, caranya nggak ribet mudah kok. Anda cari pada bagian Power Option kemudian pilihlah Choose when to turn off the display, setting sesuai pada gambar atau mungkin kalian setting sendiri supaya baterai laptop anda tidak cepat habis. Gambar dibawah ini adalah settingan mode balanced yang saya setting di laptop saya.
           
gambar set. Balance
gambar setting  Balance

Jika tidak ada pengaruhnya coba lakukan langkah selanjutnya

>> Melakukan Kalibrasi Kepada Baterai Laptop
Ikuti langkah-langkah berikut:
> Pertama, Charger sampai full terlebih dahulu baterai laptopnya, hingga 100%
> Kedua, pengaturan daya atur menjadi Balanced
> Ketiga, atur juga di bagian pengaturan Hibernate & Low Batteray option, ubah turn off display dan komputer sleep menjadi never.
> Keempat, biarkan laptop menyala sampai mati baterainya habis.
Pastikan dahulu laptop benar-benar sudah mati dan baterainya habis.
Setelah lahkah itu semua anda lakukan, dan benar-benar laptop sudah mati, lalu laptop anda charger sampai full dalam keadaan mati. 
Langkah akhir, yaitu hidupkan kembali laptop anda jika baterainya tadi sudah terisi full.
Selamat mencoba

>> Masukan Baterai Laptop Kedalam Kulkas
Cara ini sudah lama dan di dengernya kayak nggak masuk akal juga, tapi boleh dicoba dan pastinya kalian sudah dengar, dengan cara memasukan baterai kedalam kulkas, Caranya:
Lepas baterai laptop
- Bungkus baterai dengan plastik dan pastikan plastik tertutup rapat agar tidak ada air yang masuk.
- Masukan baterai laptop kedalam kulkas, dan atur suhu kulkas medium bisa juga sampai maksimum.
- Simpan bateraib dikulkas selama 3-4 hari
- Keluarkan baterai laptop dari dalam kulkas selanjutnya keringkan terlebih dahulu baterainya, biar nantinya tidak ada kudapan air didalamnya. Dan sampai suhu baterai kembali normal kembali.
- Setelah itu pasangkan baterai ke laptop
- Charger laptopnya hingga baterai benar-benar full, pastikan dalam pengisian keadaannya laptop mati
- Tutorial ini hanya bisa dikukan pada laptop yang Removable, bukan pada laptop yang Non – removable.
Selamat mencoba semoga berhasil.

Sekian dari sahabat selow serasa sudah cukup pembahasan cara mengatasi baterai laptop cepat habis. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Salam sahabat selow.

0 Response to "Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Baru"

iklan satu (2)

Iklan satu

Domainesia

Iklan ketiga