Beranda
Aplikasi
Teknologi
Tutorial
2 Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop Dengan USB
Aan Trias Aan Trias
Maret 03, 2021

2 Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop Dengan USB

2 Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop Dengan USB


Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop Dengan USB - Cara mudah buat kalian yang mencari cara menampilkan layar hp ke laptop / pc menggunakan kabel data usb. Apalagi perangkat semakin canggih salahsatunya seperti ponsel Android dan iOS yang banyak penggunanya. Ponsel dan laptop atau PC merupakan salah satu barang penting sebagai kebutuhan sehari-hari yang tak pernah lepas. Berbagai kegiatan dan pekerjaan membutuhkan dua perangkat tersebut.

Tuntutan dengan zaman, teknologi semakin berkembang tak ketinggalan dengan ponsel yang sering kalian gunakan. Perkembangan tersebut semakin baik sebagai alat bantu manusia. Seperti masa kini menghubungkan layar HP ke laptop dengan sangat mudah. Tidak perlu kebingungan lagi untuk mencari cara tersebut.

Maka dari itu artikel ini akan membahas tentang cara menampilkan layar HP ke laptop. Anda dapat dengan mudah mengontrol layar HP dengan laptop. Dengan ini Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan hal seperti menampilkan data atau file, apalagi sekarang ini banyak streaming gamers untuk melihat layar HP menjadi lebih besar.

Baca juga: 2 Cara Mengubah Power Point Menjadi Video dengan Suara

2 Cara menampilkan Layar HP ke Laptop

Terkadang pengguna ingin menampilkan layar HP ke laptop pada saat tertentu. Sehingga tampilan HP dapat dilihat menjadi lebih besar. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengontrol secara penuh penggunaan HP Anda pada laptop. Berikut ini merupakan 2 cara menampilkan layar HP ke laptop:

Cara 1: Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Menggunakan WiFi

Menampilkan Layar HP ke Laptop Menggunakan Screen Mirror

Cara pertama yakni menggunakan aplikasi Screen Mirror. Dengan aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan layar HP ke laptop yang sesuai dengan tujuan kita. Pada aplikasi ini hanya menggunakan dua perangkat yaitu laptop dan HP dengan syarat harus terhubung dengan jaringan WiFi yang sama. Adapun cara kerjanya pengguna cukup melakukan scan kode QR yang terdapat pada halaman browser laptop. Langsung saja ke langkah-langkah cara menampilkan layar HP ke laptop, sebagai berikut:

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
1. Download dan lakukan install aplikasi Screen Mirror, HP Anda silahkan dapat download lewat Play Store atau Apps Store.

2. Setelah itu, buka aplikasi Screen Mirror. Lakukan seperti biasanya klik next jika ada yang di izinkan maka izinkan saja.

3. Selanjutnya buka situs Screen Mirror, bisa menggunakan link ini http://www.screenmirrorapp.com, melalui browser laptop atau komputer Anda lalu akan muncul “kode QR”, dengan cara mengarahkan kamera HP Anda ke kode QR.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

4. Setelah itu klik “Start Now” pada HP Anda.

5. Tunggu nanti layar HP Anda akan muncul di layar komputer atau laptop. Selesai.

Jika kurang puas dengan cara yang pertama Anda dapat mencoba cara yang ke dua ini. Selamat mencoba.


Cara 2: Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Menggunakan Kabel Data

Menampilkan Layar HP ke Laptop Menggunakan Vysor

Siapkan terlebih dahulu aplikasi yang bernama “Vysor” aplikasi ini yang akan kita butuhkan untuk cara ke dua. Aplikasi Vysor adalah aplikasi yang dapat mengontrol layar HP ke laptop atau komputer. Kegunaannya sama seperti aplikasi sebelumnya tetapi dalam cara kerjanya aplikasi ini berbeda. Berbedanya aplikasi kasi ini hanya cukup memerlukan menyaambungkan kedua perangkat dengan kabel USB. Pastinya sangat mudah dan simpel bukan. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial cara menggunakan aplikasi Vysor untuk menghubungkan layar HP ke laptop.

Sedikit menunggu lebih lama dalam proses install dan view layar HP daripada aplikasi Screen Mirror, walaupun begitu aplikasi Vysor lebih ringan dalam penggunaanya karena tidak membutuhkan koneksi jaringan internet sehingga lebih enak. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:

1. Download dan install aplikasi Vyso di HP Anda.

2. Buka aplikasi Vysor.  Kemudian pilih “Next”.

3. Selanjutnya aktifkan “mode pengembang” atau “developer option“.

Caranya buka pengaturan HP> scroll sampai ketemu “developer option” kemudian klik.

4. Kemudian silahkan klik ON pada pengembang atau developer option> cari tulisan “USB debugging”, lalu pilih ON.

5. Setelah itu, HP sambungkan dengan kabel data USB ke laptop atau komputer.

6. Jika sudah, kemudian install aplikasi Vysor di laptop atau dapat pasang ekstensi di Chrome. Untuk memasang ekstensi Vysor di Chrome, silahkan ke link berikut: https://vysor.io/download kemudian pilih Chrome.

7. Pilih Add to Chrome.

8. Kemudian Klik Add app.

9. Setelah berhasil menambahkan ekstensi, lalu akan dibawa ke halaman ekstensi Chrome. Jika tidak diarahkan, maka Anda dapat membuka halaman Chrome://apps > lalu pilih Vysor untuk membukanya. Disini saya menggunakan aplikasi Vysor untuk windows.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

10. Selanjutnya klik Find Devices. Cari device HP Anda > kemudian klik Select.

11. Setelah itu klik Ok pada HP Anda untuk proses USB debugging.

12. Tunggu sebentar hingga layar HP terhubung ke laptop. Selesai.

Baca juga: Begini, 2 Cara Memperbarui Play Store Android Versi Terbaru

Cara menampilkan layar HP ke laptop sangat mudah bukan, tidak ribet banget. Cukup menggunakan aplikasi saja sudah bisa. Tidak perlu alat lainnya. Yang pastinya aplikasinya ringan dan kecil.

Demikian dari artikel tentang cara menghubungkan layar HP ke Laptop atau komputer. Jangan lupa dating kembali di Selowtekno dengan artikel menarik lainnya yang dapat membantu Anda. Selamat mencoba semoga berhasil. Terimakasih.


Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Komentar dengan sopan, baik dan benar. Terimakasih.