Pengenalan Aplikasi Asisten Google, Dan Cara Ngobrol

Aan Trias
Januari 21, 2021
0 Comments
Aplikasi Asisten Google
Gambar Tablet buka Asisten Google

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang aplikasi asisten Google. Pasti kalian sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini, karena sudah banyak yang terpasang di smartphone Anda semua. Seperti asisten pribadi bila menggunakan aplikasi Google Assistant, menurut saya sangat membantu sekali dengan kegiatan sehari-hari. Apalagi kalau pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan teknologi akan sangat terbantu dengan asisten Google, dapat terkontrol dengan mudah.

Untuk kalian yang ingin mencari tahu lebih dalam lagi tentang aplikasi asisten Google atau Google Assistant, tepat sekali dating ke website selotekno. Karena pada artikel kali ini akan membahas dari pengertian Google Assistant, cara kerja Google Assistant, fitur Google Assistant, dan kelebihan dan kekurangan Google Assistant. Langsung saja, apa itu Google Assistant??

Pengertian Google Assistant

Google Assistant adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Google yang dilengkapi kecerdasan buatan. Asisten virtual ini sudah tersedia di smartphone untuk dapat mengotrol perangkat smart lainnya.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Download Aplikasi Google Yang Bermanfaat

Dengan adanya Google Assisten di smartphone yang dilengkapi kecerdasan buatan tersebut, membuat Anda serasa memeliki asisten pribadi yang dapat meringankan kegiatan Anda. Padahal sudah banyak yang telah mengembangkan teknologi asisten pribadi oleh berbagai perusahaan besar di dunia, namun tetap dari asisten Google ini yang banyak digunakan.

Peluncuran Google Assistant pertama kali yakni pada bulan Mei 2016, yang sebelumnya ada aplikasi Google Now tetapi sekarang ada pengembangan yang menjadi Google Assistan, diharap adanya pengembangan tersebut memberikan informasi kepada pengguna dengan lebih meringankan tanpa harus mengetik pada Google.

Cara Menggunakan Google Assistant

Cara mengaktifkan Asisten Google

Sebelumnya pastikan smartphone Anda sudah terinstal aplikasi Google Assistant. Walaupun kebanyakan smartphone sudah tersedia aplikasi tersebut. Adapun cara mengaktifkannya cukup mudah, cara mengkatifkannya simak, sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Assistant atau lebih cepat dengan menekan lama pada tombol home pada smartphone Anda.

2. Kemudian akan muncul tampilannya, lalu muncul pilihan pilih saja “Continue”

3. Selanjutnya muncul lagi pilhan, pilih klik pada “I Agree” jika ingin menghidupkan perintah dengan suara.

4. Setelah langkah itu sudah dilakukan, maka Google Assistant Anda sapat digunakan dengan hanya mengatakan sebuah perintah seperti di awali “ Ok Google “ atau “ Hai Google” dapat juga dengan berbahasa inggris seperti “Hallo Google” dan lain sebagainya.

Kamu dapat memanfaatkannya dengan langsung berinteraksi dengan aplikasi Google Assistant. Ketika Anda memeberi perintah dan aplikasi tersebut dapat memahaminya dengan cara mengatur bahasa agar dapat dikenali oleh Google.

Dapat Anda gunakan aplikasi Google Assistant selayak asistan yang dapat membantu Anda, ada setiap waktu, kapan pun itu, dimana pun berada. Seperti melakukan mengobrol dengan Google Assistant, lalu bermain hiburan dengan Anda.

Cara ngobrol dengan Google Assistant

Sangat mudah untuk melakukan mengobrol dengan aplikasi ini, dijamin Anda betah mengobrol dengan assistant Anda selayak seperti sungguhan, ada tanya jawab. Dengan mengawali menyapa Google “OK Google / hello google assistant” sebelum mengobrol dengannya.

Curhat ke Google Assistant

Bagi Anda yang cari teman curhat Google Assistant dapat mendengarkannya. Mungkin asisten pribadi Anda sendiri untuk mendengarkan curhatan Anda tapi tidak mau. Tetapi Assistan Goggle pribadi Anda selalu setia untuk mendengarkannya. 

Gombalan Asisten Google

Asistan Google dapat menggobali Anda juga loh, demi untuk hiburan apalagi sedang sedih setelah curhat seperti itu. Anda yang kurang hiburan dapat mencari hiburan dengan tidak harus keluar mencarinya, dengan bersama Asisten Google Anda akan terasa terhibur.

Dengan mengatakan:

“Gombalin aku Google”

Nanti aplikasi tersebut merespon dengan gombalan-gombalannya.

Baca Juga: Google Temukan Perangkat Saya (Find My Device)

Fitur Google Assistant

Apa yang bisa Anda dapat dengan menggunakan Google Assistan, diataranya sebagai berikut:

1. Memutar Musik

Memutar musik ini tidak seperti biasanya denga manual harus mencari lalu baru dapat memutar musiknya, beda dengan halnya Google Assistant. Anda dapat memutar musik atau memberi perintah dengan berkata:

"Putar musik olahraga"

"Putar Discover Weekly saya di Spotify"

"Setel volume ke 5"

Berdasarkan genre yang Anda suka menyesuaikan lagu, playlist, podcast, dan video musik yang Anda jadikan favorit. Seperti halanya perintah diatas “Putar musik olahraga” yakni memutar musik sesuai beragam aktivitas, bisa seperti aktivitas belajar, memasak, makan. Anda dapat meningkatkan volume atau menyesuaikan volume yang Anda inginkan.

2. Memudahkan komunikasi lewat telepon, SMS, dan email dengan suara Anda

Anda akan memudahkan Anda dalam berkomunkasi dengan mereka yang berarti buat Anda entah kekasih atau siapa itu. Hanya lewat Assistan Google dapat melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, dan tulis email kepada yang Anda tuju. Dengan memberi perintah seperti halnya berikut ini:

"Baca pesan baru saya"

"Telepon Chandra"

"Kirim pesan ke Santi 'Saya sudah di jalan'"

3. Dapatkan petunjuk arah dan info setempat dengan cepat

Temukan berbagai info tempat dengan cepat seperti restoran, cafe, tempat ibadah, dan objek wisata, hingga dapat mengetahui kapan bukanya, info tentang lalu lintas, dan petunjuk arah dari Google Maps.

dengan cepat beragam info tentang tempat usaha, restoran, dan objek wisata, termasuk jam bukanya, info lalu lintas, dan petunjuk arah Google Maps. lebih memudahkan Anda lagi ketika ingin memesan transportasi dengan online, atau mencari tempat parkir di sekitar Anda. Dengan hanya memberi perintah seperti:

"Bagaimana lalu lintas ke kantor?"

"Di mana kafe terdekat?"

"Tunjukkan arah ke bandara"

4. Membuat keseharian lebih teratur

Buat Anda yang super sibuk atau mungkin yang suka malas juga dapat mencoba cara ini agar kegiatan sehari-hari Anda lebih teratur dengan mengondisikan sesuai waktunya. Caranya yakni dengan memantau jadwal lalu sinkronkan dengan kalender agar tidak lupa kalau ada kegiatan atau mungkin sudah ada janji sebelumnya misal rapat penting. Dengan cara setel pengingat dan akan muncul notifikasi untuk mengingatkan Anda tepat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Seperti asisten pribadi membuat Anda lebih teratur dengan menyetel timer, membuat jadwal kegiatan, atau mungkin Anda ingin menambahkan item pembelanjaan ke daftar Anda, dan menyetel Alarm dan lain sebagainya.

"Ingatkan saya untuk minum tiap pagi"

"Tambahkan telur dan roti ke daftar belanja saya"

"Setel alarm untuk jam 7 pagi"

5. Menjelajagi internet dan dapatkan informasi dengan cepat

Dengan cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi menggunakan aplikasi asisten Google. Cukup Anda bertanya maka akan dijawab oleh aplikasi ini, selagi Anda di luar kota, luar Negara dimana pun itu berada, kapan pun itu waktunya. Seperti Anda menanyakan cuaca, skor sepak bola tadi malam atau sebelumnya, mencari informasi suatu tempat, mengkonversi mata uang, atau ingin menerjemahkan suatu kata dengan bahasa Anda atau bahasa asing.

"Bagaimana cuaca pada hari ini?"

"Berapa $10 dalam Rupiah?"

"Beri tahu berita terbaru"

*Apabila Anda sudah mempunyai aplikasi Asisten Google, tidak perlu lagi Anda download aplikasi tersebut di perangkat Anda. Bila Anda menggunakan aplikasi ini di perangkat Anda harus memenuhi persyaratan dari Asisten Google untuk dapat menggunakannya.

Baca juga: Cara Membuat Power Point di HP Android Untuk Pemula


Kelebihan dan Kekurangan Google asisten

Kelebihan Google Assistan

1. Mempercepat dalam Membuka Aplikasi - Ketika Anda ingin membuka aplikasi dapat dengan hanya memberi perintah dengan berkata kepada Google Assistan “OK Google” selanjutnya dengan cara memanggil nama aplikasi yang ingin di buka. Kemudian aplikasi tersebut terbuka dengan mudah di smartphone Anda.

2. Memberikan Informasi dengan Cepat - Anda dapat meminta bantuan dengan mudah tentang mencari informasi seperti halnya cuaca pada hari ini, translate, konversi mata uang, atau membuka situs web dan lain sebagainya.

3. Memudahkan Menemukan Tempat yang Dicari - Saat kebingungan mencari suatu tempat Anda bisa tanyakan kepada aplikasi Google Assistan dengan cepat dan mudah. Anda ingin menemukan tempat seperti rumah makan, cafe, taman, gunung dan lain sebagainya. Maka Anda tidak akan kebingan lagi dengan bantuan aplikasi Google Assistan.

4. Menemukan Gambar - Dengan bantuan selayaknya assistan pribadi aplikasi ini dengan mudah menemukan gambar yang Anda inginkan, seperti Anda ingin mencari gambar pemandangan, laut, gunung, taman, gambar rumah dan lain sebagainya. Dengan kualitas tinggi gambar yang akan ditemukan oleh aplikasi ini.

5. Menemukan Video - Sama seperti halnya Anda melakukan langkah menemukan gambar. Cara menemukan video ini dengan berkata mecari video yang Anda inginkan, kemudian Assistan Google mencarikan dengan cepat sesuai perintah mencari video yang Anda inginkan.

Kekurangan Google Assistant

1. Tidak Berfungsi Jika Tidak ada Jaringan - Google Assistan ini selalu bekerja dengan menyambung internet, ketika tidak tersambung internet tidak dapat berjalan sesuai yang di ingginkan. Maka dari itu aplikasi ini membutuhkan jaringan internet yang terkoneksi pada smartphone Anda dan yang pastinya sudah terinstal.

2. Memakan Banyak Daya - Baterai smartphone Anda akan tersedot dengan cepat di akibatkan menggunakan aplikasi Google Assistant, karena aplikasi ini aktif terus di smartphone Anda. Jadi baterai Anda akan cepat habis dan harus mengisi ulang daya smartphone.

3. Penggunaan Data Tinggi – Dalam penggunaan data tinggi ini diakibatkan ketika dalam menggunakan Google Assitant dalam jumlah banyak, maksudnya aplikasi Google Assistan berjalan terus menerus 24 jam data internet smartphone jadinya dengan cepat termakan oleh aplikasi ini, karena aplikasi Google Assistan berjalan di latarbelakang dengan menunggu di perintahkan.

Baca juga: Cara Menggunakan Mendeley Membuat Footnote /Daftar Pustaka Otomatis

Kesimpulan

Dari pembahasan artikel tentang aplikasi asisten Google adalah aplikasi virtual yang dikembangkan oleh perusahaan Google yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Aplikasi ini sudah tersedia bagi pengguna Android dan iOS.